Warga menunjukkan aplikasi Kismantoro.or.id di Kompleks Setda Wonogiri, Rabu (10/5/2017). (Danur Lambang P/JIBI/Solopos) Warga menunjukkan aplikasi Kismantoro.or.id di Kompleks Setda Wonogiri, Rabu (10/5/2017). (Danur Lambang P/JIBI/Solopos)
Jumat, 12 Mei 2017 04:00 WIB Danur Lambang P/JIBI/Solopos Wonogiri Share :

Terobosan! Kismantoro Wonogiri Punya Aplikasi Info Ter-update

Pemerintah Kecamatan Kismantoro, Wonogiri membuat terobosan.

Solopos.com, WONOGIRI — Kecamatan Kismantoro, Wonogiri, membuat gebrakan dalam hal pemberitaan. Kecamatan yang berada di wilayah timur Kota Gaplek tersebut membuat situs web yang memuat berita seputar Kecamatan Kismantoro.

Warga menunjukkan aplikasi Kismantoro.or.id di Kompleks Setda Wonogiri, Rabu (10/5/2017). (Danur Lambang P/JIBI/Solopos)

Warga menunjukkan aplikasi Kismantoro.or.id di Kompleks Setda Wonogiri, Rabu (10/5/2017). (Danur Lambang P/JIBI/Solopos)

Camat Kismantoro, Joko Purwidyatmo, mengatakan Pemerintah Kecamatan Kismantoro menggodok konsep situs web pada 2015 dan meluncurkannya pada Februari 2015. Situs web tersebut berisi pemberitaan terkini seputar Kecamatan Kismantoro.

“Kami memiliki 10 reporter yang tersebar di delapan desa dan dua kelurahan di Kismantoro. Reporter tersebut merupakan sukarelawan yang tergabung dalam RPK [Relawan Peduli Kismantoro]. Masing-masing reporter meliput kejadian maupun kegiatan di wilayahnya masing-masing dan menjadikannya berita,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Rabu (10/5/2017).

Setelah menulis hasil liputannya, reporter tersebut mengirim berita ke salah satu staf Kecamatan Kismantoro. Staf tersebut kemudian mengedit dan mengunggah berita yang ditulis reporter di laman kismantoro.or.id.

Joko mengatakan sebelum menjadi reporter, para sukarelawan tersebut mendapatkan pelatihan jurnalistik terlebih dulu. Tak cukup sampai di situ, Pemerintah Kecamatan Kismantoro juga membuat aplikasi berbasis android yang diberi nama Kismantoro.or.id pada pertengahan 2016. Joko menambahkan aplikasi tersebut juga dibuat oleh salah satu warganya, Mujiyono.

Aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis melalui Playstore pada gawai berbasis android. Saat Solopos.com membuka laman kismantoro.or.id, tampilan yang ditawarkan cukup menarik. Berita yang dimuat juga cukup up to date mengenai kabar terbaru di wilayah Kismantoro.

Setiap desa dan kelurahan juga memiliki rubrik tersendiri. Di laman tersebut juga menampilkan profil Kecamatan Kismantoro dan potensi-potensinya di setiap rubrik.

Begitu juga dengan aplikasi Kismantoro.or.id. Berita-berita yang ditawarkan aplikasi tersebut terintegrasi dengan laman kismantoro.or.id. Warna tampilan aplikasi tersebut juga bisa diubah sesuai selera pengguna. Terdapat dua pilihan warna tampilan yakni putih dan hitam.

Rubrik-rubrik di dalam aplikasi tersebut juga sama dengan laman kismantoro.or.id. Joko berujar melalui situs web tersebut, Pemerintah Kecamatan ingin mengabarkan keadaan terbaru di wilayah tersebut kepada warganya.

“Selain itu, warga perantauan juga dapat memantau kabar terbaru di Kecamatan Kismantoro. Bisa melepas kangen juga. Situs web ini juga diharapkan menjadi sarana promosi potensi-potensi di Kecamatan Kismantoro,” tuturnya.

LOWONGAN PEKERJAAN
QUALITY CONTROL & ADMIN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
AMS Solo, Pendidikan Multikultur Pertama

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (27/11/2017). Esai inikarya Heri Priyatmoko, dosen Sejarah di Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah heripri_puspari@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Menarik menyimak esai Bandung Mawardi berjudul Mengenang (Pendidikan) Guru (Solopos, edisi 24 November…