News
Jumat, 12 Mei 2017 - 00:00 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 12 Mei

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mick Jagger dan Bianca Perez. (Nypost.com)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 12 Mei, dihimpun dari berbagai penjuru dunia.

Solopos.com, SOLO – Berbagai macam peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada hari ke-132—hari ke-133 dalam tahun kabisat—dalam sistem kalender Gregorian, 12 Mei. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, Solopos.com merangkum berbagai macam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 12 Mei:

Advertisement

907
Kaisar Dinasti Tang, Ai Tang, dipaksa untuk turun takhta oleh petinggi militernya, Zhu Wen. Turunnya Ai Tang sekaligus mengakhiri kekuasaan Dinasti Tang di Tiongkok yang sudah berlangsung hampir 300 tahun.

1797
Pasukan Prancis di bawah pimpinan Napoleon Bonaparte berhasil menaklukkan Venesia dan mengakuisisi wilayah Venesia. Peristiwa itu adalah salah satu dari serangkaian peristiwa yang terjadi selama Perang Koalisi Pertama.

Advertisement

1797
Pasukan Prancis di bawah pimpinan Napoleon Bonaparte berhasil menaklukkan Venesia dan mengakuisisi wilayah Venesia. Peristiwa itu adalah salah satu dari serangkaian peristiwa yang terjadi selama Perang Koalisi Pertama.

1926
Pemogokan kerja massal buruh di Inggris berakhir. Meski sempat melakukan pemogokan massal dan menuntut perubahan upah dan sistem kerja, pemerintah Inggris tak melakukan perubahan apa pun dan tak menggubris tuntutan para buruh.

1942
Pasukan Uni Soviet melancarkan serangan besar-besaran di kawasan Izium di timur Ukraina. Serangan itu dilancarkan demi mengusir tentara Jerman yang berjumlah sangat sedikit di kawasan tersebut.

Advertisement

1971
Vokalis band rok legendaris The Rollng Stones, Mick Jagger, menikahi Bianca Perez Morena de Macias di Kota Saint Tropes di Perancis. Pernikahan Mick Jagger dan Bianca Perez hanya bertahan selama tujuh tahun.

1978
Pemberontakan di Kongo makin membesar dengan didudukinya Kota Kolwezi oleh pasukan pemberontak. Pemerintah setempat meminta bantuan pihak Amerika Serikat (AS), Prancis, dan Belgia untuk meredam pemberontakan.

1998
Demonstrasi mahasiswa Universitas Trisakti yang mengkritik pemerintahan Orde Baru dan keruntuhan ekonomi akibat krisis finansial Asia 1997  di Jakarta, Indonesia berujung kerusuhan. Empat mahasiswa tewas dalam insiden yang lantas disebut Tragedi Trisakti itu. Tragedi tersebut memicu Kerusuhan Mei 1998 yang berujung mundurnya Presiden Soeharto.

Advertisement

2003
Serangan bom bunuh diri melanda ibu kota Arab Saudi, Riyadh. Serangan tersebut menewaskan 26 termasuk 9 orang warga Amerika Serikat (AS).

2006
Gambar kartun yang dibuat kartunis Mana Neyestani dan dimuat di sebuah surat kabar di Iran menjadi sebuah kontroversi. Kartun tersebut dianggap telah menghina orang-orang Azerbaijan yang tinggal di Iran. Karena kartun tersebut, sempat terjadi kerusuhan besar-besaran di sejumlah daerah di Iran. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangops.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 11 Mei
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 10 Mei
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 9 Mei

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif