Jateng
Kamis, 11 Mei 2017 - 13:50 WIB

KAMPUS DI SEMARANG : Unika Kembali Gelar Robovaganza

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi line follower robot (slideshare.net)

Kampus di Semarang, Unika Soegijapranata, akan kembali menggelar kontes Robovaganza.

Semarangpos.com, SEMARANG – Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang bulan ini akan kembali menggelar kontes Robovaganza. Kontes yang digelar oleh pihak kampus ini akan mempertandingkan kreasi robot line follower para pelajar SMA se-Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Advertisement

Lomba Robovaganza tingkat pelajar SMA ini merupakan yang kali ke-15 digelar oleh kampus Unika. Pada tahun ini, kegiatan itu akan digelar di kampus Unika pada Kamis (18/5/2017) mendatang.

Ketua Panitia Penyelenggara Robovaganza 2017 dari Jurusan Teknik Elektro Unika Soegijapranata, Leonardus Herupratomo, menyebutkan ada sekitar 40 tim pelajar yang akan tampil dalam kontes robot line follower itu. Dari 40 tim itu beberapa di antaranya merupakan tim tangguh dan kerap tampil di berbagai event perlombaan baik tingkat lokal maupun nasional.

“Satu di antara tim yang tangguh itu datang dari SMAN 3 Yogyakarta. Tim mereka merupakan juara bertahan kontes robot line follower nasional dan berambisi ingin meraih piala bergilir di sini,” ujar Leo saat dijumpai wartawan di gedung Fakultas Teknik Unika Soegijapranata, Jl. Pawiyatan Luhur, Semarang, Rabu (10/5/2017).

Advertisement

Meski demikian, Leo mengungkapkan jika ambisi tim pelajar SMAN 3 Yogyakarta meraih juara di Robovaganza 2017 yang digelar di kampus Unika Soegijapranata Semarang tidaklah mudah. Keinginan SMAN 3 Yogyakarta untuk menggondol trofi juara bakal mendapat ganjalan sejumlah tim-tim pelajar dari Semarang, Jepara, maupun Salatiga.

“Sekarang banyak pemain baru yang bagus. Ada tim robot dari Semarang, Jepara, maupun Salatiga. Mereka juga ingin menjajal kemampuan di sini. Makanya, lomba nanti akan berlangsung seru,” beber Leo.

Leo menyebutkan selain kontes robot line follower, pada ajang Robovaganza 2017 juga akan memperlombakan battle robot. Berbeda dengan robot line follower yang pemenangnya ditentukan berdasarkan kecepatan robot melahap lintasan yang telah ditentukan, battle robot akan ditentukan lewat seberapa sering robot terjatuh.

Advertisement

“Lomba Robovaganza ini sangat menarik. Selain bisa dimanfaatkan sebagai ajang kreasi pelajar, kegiatan ini juga bisa meningkatkan minat pelajar untuk mendalami ilmu teknik elektro,” ujar salah satu mahasiswa Teknik Elektro Unika Soegijapranata yang juga menjadi panitia dalam lomba itu, Dimas Arifian.

Lomba Robovaganza 2017 ini akan memperebutkan hadiah mulai Rp500.000-Rp2 juta. Setiap peserta yang tampil dilomba yang digelar oleh kampus Unika Soegijapranata Semarang itu berhak membawa dan merakit robot yang akan diperlombakan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif