Teknologi
Kamis, 11 Mei 2017 - 23:30 WIB

Dari Situs Telkomsel Hingga Pengadilan, Hacker Protes dengan Meretas

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Laman tempo.co diretas Kamis (11-5-2017). (Istimewa/Tempo.co)

Peretasan situs pengadilan dan Tempo menjadi fenomena baru, yaitu protes dengan meretas.

Solopos.com, JAKARTA — Belum lama ini, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan peretasan situs Telkomsel yang isinya mengeluhkan terkait biaya internet yang mahal. Respons warga internet (netizen) di sosial media pun beragam dan banyak juga yang justru mendukung hacker yang melakukan peretasan situs ini.

Advertisement

Publik juga kembali dihebohkan peretasan situs Pengadilan Negeri di alamat www.pn-negara.go.id juga mengalami peretasan pada Rabu (10/5/2017). Disusul kemudian peretasan situs berita Tempo.co. Keduanya mengalami deface atau halaman muka yang diubah oleh peretas.

Pemimpin Redaksi Tempo.co Burhan Sholihin mengatakan pihaknya mengetahui adanya peretasan sekitar pukul 24.00 WIB lewat laporan. Kemudian tim teknologi menganalisis situasi dan ditemukan bahwa peretasan dilakukan bukan di server Tempo.co namun di DNS server.

“Ini semacam server pengatur traffic di internet. Saat orang mengetik di browser mereka http://tempo.co, maka DNS server akan mengarahkan ke server kami di CBN. Hacker rupanya mengalihkan pengaturannya ke server mereka di Cloudfare,” ujar Burhan kepada Bisnis/JIBI, melalui pesan Whatsapp pada Kamis (11/5/2017).

Advertisement

Burhan mengatakan terkait penanganan untuk memulihkannya telah dilakukan. Sekitar pukul 08.00-09.00 WIB website Tempo.co sudah kembali normal. Dia mengatakan karena yang diserang bukan server Tempo.co tetapi server pengatur traffic Tempo.co atau DNS server. akibatnya ketika orang mengakses terus dialihkan. Namun, dia menjamin database Tempo.co tetap aman dan terkait pelaku pihaknya belum menemukan petunjuk.

“Untuk Penangan soal hukum kami belum sampai ke sana, kalau nanti kami bisa mendapatkan jejak pelakunya tidak menutup kemungkinan untuk itu. Sementara, kami fokus ke internal dulu,” tambahnya.

Pakar teknologi informasi dari XecureIT (perusahaan network security) Onno W. Purbo mengatakan semua halaman website dapat menjadi sasaran hack jika pertahanannya, coding PHP, password root yang kurang baik dan phpmyadmin yang jebol. Menurutnya peretasan yang menimpa Tempo.co dapat terjadi karena DNS dialihkan ke tempat lain.

Advertisement

“JDNS dialihkan ke tempat lain kalau attacker berhasil menipu jaringan dan membuat komputer jadi bertanya ke DNS yang dibuat attacker dan diarahkan ke situs lain. Untuk kondisi seperti itu situsnya tidak jebol hanya saja user jadi melihat situs yang salah,” jelas Onno kepada Bisnis/JIBI lewat email.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif