Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo. (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.) Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo. (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)
Rabu, 10 Mei 2017 21:50 WIB JIBI/Semarangpos.com/Antara Semarang Share :

PILKADA 2018
KPU Jateng Minta Pemprov Segera Teken NPHD Pilgub

Pemilihan kepala daerah atau Pilgub Jateng 2018 tahap pelaksanaannya akan dimulai Agustus 2017.

Solopos.com, SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng segera menandatangani naskah perjanjian hibah daerah (NHPD) terkait dengan pencairan anggaran pemilihan kepala daerah (pilkada) atau Pilgub 2018. Terlebih lagi, KPU Jateng berencana memulai tahapan Pilgub 2018 pada Agustus 2017 nanti.

“Kami berharap pada akhir Mei 2017 ini dilakukan penandatanganan NPHD agar anggaran pilkada bisa segera dicairkan karena tahapan pilkada akan dimulai Agustus 2017,” kata Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo, seperti dikutip kantor berita Antara, Selasa (9/5/2017).

Joko menambahkan setelah dicairkan anggaran Pilkada 2018 itu bisa segera ditransfer oleh pemerintah provinsi ke KPU sehingga bisa digunakan untuk membiayai semua tahapan Pilgub Jateng.

Dia menjelaskan KPU Jateng dalam menyusun usulan anggaran pilkada tetap mengacu pada kebutuhan yang ada dan saat ini sedang dikonsultasikan dengan tim anggaran pemerintah daerah.

“Selain menyiapkan rincian anggaran, kami juga memetakan tempat pemilihan suara (TPS) di seluruh daerah berkaitan dengan pemutakhiran data pemilih tetap,” ujarnya.

Sebelumnya, KPU Jateng telah mengajukan anggaran untuk pelaksanaan Pilgub Jateng 2018 sebesar Rp1,131 triliun ke pemerintah provinsi setempat, tapi saat ini baru tersedia Rp800 miliar “Kekurangan anggarannya nanti diambilkan di APBD Perubahan 2017, dan kalau masih kurang lagi akan digenapi pada APBD 2018,” kata Joko.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Pemprov Jateng Edy Joko Pramono saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pihaknya masih melakukam pengkajian terhadap pengajuan anggaran Pilgub Jateng 2018.

“Angka penganggaran Pilgub Jateng 2018 itu belum final sehingga NPHD belum bisa ditandatangani,” ujarnya.

Dia mengatakan NPHD untuk pelaksanaan Pilgub Jateng 2018 untuk KPU dan Badan Pengawas Pemilu akan dilakukan paling lambat Juni 2017.

lowongan pekerjaan
PT. BPR Mitra Banaran Mandiri, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Jokowi Raja Batak

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (13/01/2018). Esai ini karya Advent Tarigan Tambun, inisiator Sinabung Karo Jazz 2017. Alamat e-mail penulis adalah atambun@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Saya bukan ahli budaya Batak. Dengan jujur saya harus mengatakan bahwa pengetahuan saya tentang budaya…