Jogja
Rabu, 10 Mei 2017 - 14:19 WIB

Gunungkidul Punya Garis Pantai Terpanjang di DIY tapi Konsumsi Ikan Laut Terendah

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Nelayan di Pantai Gunungkidul (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Konsumsi ikan masyarakat Gunungkidul dinilai masih rendah dibandingkan kabupaten lain di DIY

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Konsumsi ikan masyarakat Gunungkidul dinilai masih rendah dibandingkan kabupaten lain di DIY. Pemerintah Kabupaten mencatat konsumsi ikan perkapita setiap tahunya hanya dibawah 20 kilogram (kg).

Advertisement

Menjadi wilayah yang memiliki garis pantai terpanjang dan memiliki potensi perikanan terbesar se-DIY tak lantas membuat konsumsi ikan masyarakatnya tinggi. Buktinya pada 2014-2015 pemkab mencatat setiap tahunnya konsumsi ikan di Gunungkidul masih di bawah 20 kg perkapita.

Rendahnya konsumsi ikan itu diakui Bupati Gunungkidul, Badingah di sela-sela Bulan Bakti Balai Karantina Ikan dan acara Kenduri Anak Pantai di Pantai Drini, Kecamatan Tanjungsari. “Konsumsi ikan warga Gunungkidul masih rendah dibanding wilayah lain di DIY,” kata Bupati, Selasa (9/5/2017).

Di DIY sendiri tingkat konsumsi ikan perkapita rata-rata sebesar 21,54 kg pertahun. Angka itu pun masih jauh dari rata-rata konsumsi ikan nasional pertahun yakni 45 kg perkapita. Namun demikian pihaknya akan terus mengenjot konsumsi ikan masyarakat dengan meningkatkan produktifitas ikan.

Advertisement

Dengan potensi perikanan laut melimpah karena memiliki garis pantai sepanjang 72 km, produktifitas ikan sangat mungkin untuk ditingkatkan. Data dari Dinas Kelautan dan Perikanan DIY pada 2016 di Pelabuhan Pantai Sadeng, Kecamatan Girisubo produksi ikan mencapai 1.600 ton. “Kami berupaya menikatkan potensi laut yang ada dan juga ikan air tawar,” ungkapnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif