Soloraya
Selasa, 9 Mei 2017 - 12:15 WIB

Dinkes Klaten Gelar Imunisasi Serentak pada Agustus-September 2017

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Perwakilan instansi mengikuti workshop kampanye imunisasi measles rubella di ruang B1 Pemkab Klaten, Selasa (9/5/2017). (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Imunisasi campak rubella akan diterapkan pada anak usia 9 bulan hingga 15 tahun.

Solopos.com, KLATEN — Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten bakal menggelar imunisasi measles rubella secara serentak pada Agustus-September mendatang.

Advertisement

Imunisasi menyasar ke anak usia sembilan bulan hingga 15 tahun. Imunisasi itu dimaksudkan untuk memutus transmisi penularan virus campak dan rubella.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Klaten, Herry Martanto, mengatakan kegiatan digelar serentak di seluruh Jawa. Kebutuhan vaksin bakal disediakan oleh pemerintah pusat.

“Agustus ditargetkan untuk anak-anak sekolah dulu dari PAUD, SD, hingga SMP. Sementara, pada September untuk anak nonsekolah,” kata dia saat ditemui sebelum workshop kampanye imunisasi measles rubella di ruang B1 Pemkab Klaten, Jl. Pemuda, Klaten, Selasa (9/5/2017).

Advertisement

Herry menjelaskan tenaga kesehatan dari pelayanan kesehatan milik pemerintah dan swasta dilibatkan untuk imunisasi itu. Sementara, untuk imunisasi pada anak usia sekolah dilakukan di masing-masing sekolah.

Sementara, anak usia nonsekolah dilakukan di masing-masing pelayanan kesehatan. “Setelah workshop ini akan dilakukan pendataan,” kata dia.

Herry menuturkan untuk imunisasi Dinkes menggandeng sejumlah instansi termasuk Kementerian Agama dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Advertisement

Hal itu dimaksudkan untuk membantu pemberian pemahanan orang tua masing-masing anak terkait pentingnya imunisasi measles rubella. “Harapannya pada 2020 nanti sudah bebas campak dan rubella. Untuk kasus campak dan rubella Klaten tidak tinggi,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif