Jogja
Selasa, 9 Mei 2017 - 14:55 WIB

BANDARA KULONPROGO : Nilai BPHTB Capai Rp100 Miliar, Pendapatan Daerah Melonjak Tajam

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Progres pembangunan fisik mulai terlihat di lahan relokasi warga terdampak pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA), khususnya yang menggunakan tanah kas desa di Bapangan, Glagah, Temon, Kulonprogo, Senin (8/5/2017). (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja)

Bandara Kulonprogo, Pemkab diminta mengawal potensi pendapatan daerah

Harianjogja.com, KULONPROGO — Nilai Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dari proyek pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) diproyeksikan mencapai lebih dari Rp100 miliar. Pemkab Kulonprogo diminta serius dalam mengawal potensi pendapatan daerah tersebut.

Advertisement

Baca Juga : Sambut Bandara Kulonprogo, Sleman Siapkan Rest Area di Moyudan

Anggota Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kulonprogo, Aji Pangaribawa mengatakan, pemerintah sudah semestinya memberikan perhatian khusus terhadap potensi pendapatan dari BPHTB terkait pembangunan bandara di Temon.

“Jika perlu, eksekutif harus membuat tim khusus dalam mengawal BPHTB yang sudah diproyeksikan dalam APBD murni 2017,” ungkap Aji, Senin (8/5/2017).

Advertisement

Aji memaparkan, proyeksi pendapatan dari BPHTB sudah terlanjur dituangkan dalam program pembangunan fisik, termasuk pengurukan lahan relokasi bagi warga terdampak NYIA. Potensi dana itu juga bakal mempengaruhi alokasi anggaran perbaikan jalan maupun infrastruktur fisik lain. Ketidakjelasan mengenai penerimaan dana BPHTB saat ini telah memunculkan permasalahan bagi kestabilan anggaran daerah. “Saat ini bahkan sudah terjadi defisit anggaran sekitar Rp70 miliar,” ujar Aji.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif