Soloraya
Selasa, 9 Mei 2017 - 16:15 WIB

Ada Hadiah Mobil, PBB Boyolali Terhimpun Rp7,9 Miliar di Triwulan I 2017

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pajak bumi dan bangunan (JIBI/Solopos/Dok.)

Pajak bumi dan bangunan (PBB) Boyolai terus dihimpun.

Solopos.com, BOYOLALI — Perolehan pajak bumi bangunan (PBB) triwulan pertama 2017 untuk wilayah Kabupaten Boyolali mencapai Rp7,9 miliar. Angka tersebut dinilai cukup menggembirakan mengingat jatuh tempo pembayaran PBB 30 September 2017.

Advertisement

Kepala Kepala Bidang Pajak Daerah pada Badan Keuangan Daerah (BKD) Boyolali Bambang Sutanto memperkirakan capaian itu berkat kerja para camat dan kepala desa di masing-masing wilayah. Selain itu, iming-iming hadiah undian mendorong mereka segera melaksanakan kewajiban.

Sebagaimana diketahui, pemkab Boyolali menyiapkan undian berhadiah berupa satu unit sepeda motor untuk masing-masing dari 19 kecamatan di Boyolali. Selain itu, pemkab juga menyediakan grandprize satu unit mobil yang akan diundi di tingkat kabupaten. Hadiah tersebut berlaku bagi para pelunas PBB sebelum 31 Mei 2017.

Lebih lanjut Bambang menguraikan target perolehan PBB tahun ini diturunkan Rp1 miliar dibandingkan tahun sebelumnya.

Advertisement

“Tahun ini target perolehan PBB ada penurunan karena ada Perda Boyolali tentang pembebasan lahan pertanian. 2016 Targetnya Rp28,2 miliar sedangkan 2017 Rp 27,2 miliar,” ujar Bambang saat ditemui di kantornya, Selasa (9/5/2017).

Meski demikian, hingga saat ini pemberlakuan pembebasan PBB untuk lahan pertanian masih dalam proses. Proses yang dilakukan untuk menuju pembebasan PBB lahan pertanian ini yaitu pendataan oleh Dinas Pertanian, di antaranya pemilahan lahan petani yang layak digratiskan PBB-nya. Proses ini juga melibatkan perangkat desa agar mendapatkan data valid. Proses pendataan juga melibatkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang DPU PR untuk masalah irigasi.

 

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif