Jatim
Selasa, 9 Mei 2017 - 20:05 WIB

75 Angkatan Muda Kota Madiun Ikuti Sertifikasi SKKNI Bidang TI

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi komputer (Dok/JIBI/Solopos)

Kemkominfo mengadakan sertifikasi SKKNI bagi angkatan muda Kota Madiun.

Madiunpos.com, MADIUN — Puslitbang Literasi Profesi SDM Komunikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan sertifikasi kompetensi berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) di bidang teknologi informatika (TI) di Kota Madiun. Kegiatan itu diikuti 75 orang angkatan kerja muda di kota setempat.

Advertisement

Ke-75 angkatan kerja muda tersebut merupakan lulusan SMK, DI, DII, dan DIII yang memiliki ijazah teknologi informatika. Sedangkan para peserta dibebaskan untuk memilih sertifikasi apa yang ingin diperoleh sesuai kemampuannya masing-masing.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Literasi dan Profesi Sumber Daya Manusia Kemkominfo, Hedy Idris, mengatakan kegiatan sertifikasi SKKNI tersebut bertujuan untuk membantu angkatan kerja muda dalam meningkatkan kompetensi SDM di bidang informatika.

“Sehingga para angkatan kerja muda tersebut mampu bersaing dan bukan hanya menjadi penonton saja, tetapi menjadi pelaku di daerahnya sendiri,” ujar Hedy Idris dalam kegiatan tersebut di Hotel Aston Madiun, Selasa (9/5/2017).

Advertisement

Ada sejumlah program yang dibuka untuk diujikan dan disertifikasikan, yakni program junior technical support, junior web programmer, junior programmer, network technician, junior office operator, dan junior digital artist.

“Kegiatan ini gratis dan berlangsung selama tiga hari, yakni mulai tanggal 8 hingga 10 Mei 2017,” kata dia.

Dia menambahkan sasaran kegiatan tersebut adalah tercapainya angkatan kerja muda yang memiliki sertifikasi kompetensi sebagai kepemilikan kompetensi standar pada bidang informatika agar lebih kompetitif.

Advertisement

Nantinya kompetensi standar tersebut dapat dimanfaatkan untuk mencari lapangan pekerjaan. Sehingga, para angkatan kerja muda tersebut dapat bersaing di era globalisasi teknologi.

Selain Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Literasi dan Profesi Sumber Daya Manusia Kemkominfo, Hedy Idris beserta jajarannya, hadir dalam kegiatan tersebut sebagai tim penilai dari Lembaga Sertifikasi Profesi Telematika, Kepala Monumen Pers Solo Suminto Yuliarso, serta Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun Gembong Kusdwiarto.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif