News
Senin, 8 Mei 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 8 Mei

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - The Beatles. (Thebeatles.com)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 8 Mei, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Solopos.com, SOLO – Terjadi beragam peristiwa penting dan bersejarah di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 8 Mei. Demi mengenangnya, Solopos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Advertisement

1928
Jean Henri Dunant lahir di Jenewa, Swiss. Ia lantas dikenal sebagai pendiri Palang Merah yang merupakan organisasi kemanusiaan terbesar di dunia.

1939
Ketegangan negara-negara di Eropa yang terus meningkat sebelum meletusnya Perang Dunia II membuat Paus Pius XII angkat bicara. Paus Pius XII meminta agar negara-negara di Eropa yang sedang berkonflik menempuh jalan damai dibanding harus meletuskan pertempuran militer.

Advertisement

1939
Ketegangan negara-negara di Eropa yang terus meningkat sebelum meletusnya Perang Dunia II membuat Paus Pius XII angkat bicara. Paus Pius XII meminta agar negara-negara di Eropa yang sedang berkonflik menempuh jalan damai dibanding harus meletuskan pertempuran militer.

1942
Pertempuran Laut Karang di kawasan Oceania yang meibatkan Kekaisaran Jepang dan Sekutu—Amerika Serikat (AS) dan Australia—berakhir. Pertempuran tersebut berakhir karena kapal induk milik AS USS Lexington dan kapal pengangkut milik Jepang Shoho hancur. Pertempuran tersebut dimenangi Jepang karena pasukan Sekutu menarik mundur pasukan mereka.

1942
Pasukan Jerman mulai menyerang pasukan Uni Soviet di Semenanjung Krimea, Rusia dalam Pertempuran Semenanjung Kerch. Bentrok kedua pasukan itu berhasil dimenangi pihak Jerman. Pasukan Uni Soviet kehilangan sekitar 170.000 tentaranya, sedangkan Jerman hanya kehilangan 9.000 tentara.

Advertisement

1945
Presiden Amerika Serikat (AS) Harry S. Trauman dan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill secara resmi mendeklarasikan kemenangan Sekutu atas Jerman melalui siaran radio. Kemenangan itu membuat ribuan rakyat Inggris merayakannya di halaman Istana Buckingham di London yang kebanyakan memakai pakaian berwarna merah, putih, dan biru.

1963
Tentara Vietnam Selatan di bawah perintah Presiden Ngo Dinh Diem menembaki umat Buddha yang menentang sebuah peraturan di negara tersebut. Presiden Ngo Dinh Diem sebelumnya telah mengeluarkan peraturan bahwa umat Buddha dilarang mengibarkan bendera Buddha meskipun pada Hari Raya Waisak. Peritiwa itu menewaskan sembilan orang dan memicu konflik berkepanjangan.

1970
The Beatles merilis album ke-12 mereka bertajuk Let It Be. Album tersebut sekaligus menjadi album terakhir sebelum The Beatles bubar. Sama seperti album sebelumnya, Let It Be berhasil merajai tangga lagu di radio-radio di beberapa negara, termasuk Inggris dan Amerika Serikat (AS).

Advertisement

1984
Uni Soviet menyatakan akan memboikot Olimpiade yang digelar di Los Angeles, Calofornia, Amerika Serikat (AS). Hal itu dikarenakan ketegangan antara Uni Soviet dan AS selama Perang Dingin berlangsung. Empat tahun sebelumnya, AS juga memboikot Olimpiade yang digelar di Moskow.

2006
Presiden Iran Mahmoud Ahamdinejad mengirim sebuah surat kepada Presiden Amerika Serikat (AS) George W. Bush. Langkah seperti itu adalah kali pertama sejak 27 tahun sebelumnya. Surat tersebut ternyata hanya berisi topik sejarah dan filsafat dan tak ada pembahasan masalah ketegangan yang melibatkan kedua negara tersebut seperti masalah nuklir atau yang lainnya. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 7 Mei
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 6 Mei
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 5 Mei

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif