Teknologi
Minggu, 7 Mei 2017 - 21:10 WIB

KISAH UNIK : Tolak Cum Laude, Perusahaan Start Up Ini Justru Pilih Lulusan Terlama

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengumuman unik lowongan pekerjaan (Facebook Rian Adi Wibowo)

Kisah unik kali ini tentang banner lowongan pekerjaan di sebuah ekspo lowongan pekerjaan di Yogyakarta.

Solopos.com, YOGYAKARTA – Kisah unik terjadi di gelaran Jogja Geek Fair 2017. Salah satu start-up yang mengikuti acara tersebut memasang pengumuman lowongan pekerjaan dengan cara tak biasa. Tak seperti pengumuman lowongan pada umumnya, pengumuman yang dipasang start-up bernama Run System itu melarang lulusan cum laude untuk mendaftar.

Advertisement

Foto lowongan pekerjaan dari Run System itu diunggah di Facebook oleh akun Rian Adi Wibowo, Sabtu (6/5/2017). “Ini serius, buat kamu yang ga cum laude & kuliah ga lulus-lulus, jangan berkecil hati. Masih ada perusahaan IT yang peduli kok,” tulis akun Rian Adi Wibowo.

Pengumuman tersebut dimuat dalam x-banner warna merah putih. “We are hiring now. Yang cum laude dilarang daftar!!! Kuliah di atas 7 tahun lebih disukai,demikian tulis mereka.

Advertisement

Pengumuman tersebut dimuat dalam x-banner warna merah putih. “We are hiring now. Yang cum laude dilarang daftar!!! Kuliah di atas 7 tahun lebih disukai,demikian tulis mereka.

Xbanner tersebut mendapat respons beragam dari warganet. Ada yang tertawa heran hingga kecewa karena kuliah hanya 5,5 tahun.

Wah aku ming 5,5 tahun [Wah, aku cuma 5,5 tahun],” tulis akun Amri Magelang.

Advertisement

Mengenai xbanner viral itu, Manager System Integrator Run System, Agfian Muntaha, mengungkapkan alasan Run System membuat lowongan kerja unik tersebut.

Sebenarnya tujuan awal adalah untuk menarik perhatian aja sih. Kami mencari copy yang kira-kira bisa stand in the crowd gitu,” ungkap Agfian kepada Solopos.com, melalui pesan singkat. Dari kalimat tersebut diharapkan membuat pelamar penasaran sehingga mereka bertanya-tanya atau berlomba-lomba mengajukan lamaran.

Harapan kami justru orang yang cum laude akan mempertanyakan mengepa dirinya tidak boleh mendaftar dan malah tertantang untuk mendaftar,” tambah Agfian.

Advertisement

Xbanner unik ini terbukti mampu meningkatkan kuantitas pelamar. Agfian menjelaskan ada peningkatan 200% dari segi kuantitas pelamar di Run System dibanding job fair sebelumnya. Xbanner tersebut juga dianggap mampu mengangkat nama perusahaan.

Sebagai perusahaan b to b [Business to business] dan masih start-up, nama kami sama sekali belum terdengar publik. Namun berkat banner itu, banyak pengunjung yang tertarik untuk mendaftar,” Ucap Agfian.

Run System merupakan start-up IT asal Yogyakarta yang kali pertama didirikan dengan nama Global Sukses Solusi pada 2010. Start-up ini berfokus pada perangkat luna enterprise resource planning (ERP). Aplikasi ERP berfungsi untuk mengatur perencanaan dan manajemen sebuah perusahaan.

Advertisement

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif