Jateng
Minggu, 7 Mei 2017 - 19:50 WIB

KAMPUS DI SEMARANG : Siswa SMKN 2 Juara Creanovation Awards Udinus           

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pemenang Creanovation Awards Udinus berpose seusai lomba yang digelar di kampus Udinus, Semarang, Sabtu (6/5/2017). (Istimewa)

Kampus di Semarang, yakni Udinus, menggelar ajang kreasi bagi siswa SMA sederajat bertajuk Creanovation Awards.

Semarangpos.com, SEMARANG – Siswa SMKN 2 Semarang tampil sebagai juara pertama Creanovation Awards Udinus 2017 yang digelar di kampus Udinus, Gedung E Lantai 3, Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (6/5/2017). Siswa SMKN 2 Semarang tampil sebagai jawara dengan karya Water Oven New Innovation (WONT).

Advertisement

Sementara itu, juara kedua dalam ajang tahunan yang digelar di kampus Udinus Semarang itu diraih para siswa SMA Muhammadiyah 1 Babat dengan karya Coco Partition Floor. Sedangkan juara ketiga direbut siswa SMA Nusantara Gresik lewat karya G-Slug.

Ajang Creation Award Udinus ini merupakan ajang pencarian kreativitas dan inovasi para siswa SMA sederajat tingkat nasional. Pada penyelenggaraan tahun keempat ini, jumlah peserta mencapai ratusan yang terdiri dari beberapa tim pelajar dari berbagai daerah di Tanah Air.

Meski demikian, ratusan peserta itu diseleksi dan hanya menyisakan 35 tim untuk beradu kreasi di babak final yang digelar Sabtu kemarin.

Advertisement

“Setelah dilakukan penjurian 13 Maret lalu, 35 tim kami pilih dan kami umumkan menjadi finalis pada tanggal 19 Maret,” terang Ketua Panitia Creanovation Awards Udinus, Gutama Indra, dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com, Sabtu petang.

Tim yang terseleksi kemudian diundang ke kampus Udinus serta membawa prototipe atau karya yang akan dilombakan. Mereka kemudian mempresentasikan karyanya di depan tiga dewan juri.

Adapun kriteria penilaian adalah orisinalitas dan kebaruan ide, argumentasi yang diajukan, keterkaitan materi dengan tema, komposisi tulisan, dan estetika penulisan.

Advertisement

Lomba dibagi ke dalam beberapa kategori yakni produk olahan makanan, perkakas atau alat bantu, game atau penalaran, green technology, dan lain-lain. Masing-masing kategori dipilih tiga pemenang dan tim terbaik berkesempatan membawa pulang piala rektor.

Di hadapan puluhan finalis dari SMA sederajat, Rektor Udinus Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko berharap setelah tampil di ajang ini peserta berani terjun ke dunia usaha dengan produk dan kreativitasnya. “Wirausaha itu nafasnya kreatifitas dan inovasi. Indonesia adalah negara yang sangat berpeluang dalam wirausaha perkembangan teknologi,” tutur Rektor Udinus.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif