Jogja
Sabtu, 6 Mei 2017 - 07:48 WIB

PERPUSTAKAAN SLEMAN : 12 Perpusdes Butuh Suntikan Motivasi

Redaksi Solopos.com  /  Galih Eko Kurniawan  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Perpustakaan desa (Hanifah Kusumastuti/JIBI/SOLOPOS)

Saat ini tercatat baru ada 12 dari 86 desa di Sleman yang memiliki perpustakaan desa

Harianjogja.com, SLEMAN—Pengelolaan perpustakaan desa masih perlu terus dimotivasi. Saat ini tercatat baru ada 12 dari 86 desa di Sleman yang memiliki perpustakaan desa. Dari 12 perpustakaan desa yang sudah ada, rupanya belum semuanya berkembang dengan baik.

Advertisement

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Sleman Ayu Laksmi Dewi mengatakan dari 12 perpusdes, yang baru berkembang salah satunya di Widodomartani, Kecamatan Ngemplak. Perpusdes itu bahkan bisa memiliki mobil perpusds.

“Saat ini desa memiliki dana yang cukup besar, baik dari Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa. Ini potensi yang bisa dikembangkan,” katanya, Jumat (5/5/2017). Dengan demikian, upaya untuk memiliki perpustakaan saat ini tergantung dari komitmen Pemerintah Desa, dalam hal ini kepala desanya.

Ketika ada alokasi yang dianggarkan, maka keberadaan perpusdes tentu bisa berkembang dengan baik. Keberadaan perpusdes menjadi sebuah kewajiban untuk ikut mencerdaskan masyarakat. “Jika perlu ada program menghantarkan buku ke rumah. Ini menjadi program yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan minat baca masyarakat,” tandasnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Perpustakaan Desa Sleman
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif