Lifestyle
Jumat, 5 Mei 2017 - 23:10 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : 4 Manfaat Minum Air Rebusan Biji Semangka

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi semangka (Youtube.com)

Tips hidup sehat kali ini tentang empat manfaat minum air rebusan biji semangka.

Solopos.com, SOLO – Makan semangka saat cuaca panas membuat tenggorokan menjadi lebih segar. Bahkan, kandungan air pada semangka yang berlimpah mampu menetralkan suhu tubuh. Biji semangka yang sering dibuang ternyata punya segudang manfaat bagi kesehatan.

Advertisement

Guna mendapatkan manfaat dari biji semangka, Anda disarankan meminum air rebusannya. Air rebusan biji semangka diklaim efektif menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mau tahu, apa saja manfaat meminum air rebusan biji semangka? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Kamis (4/5/2017), berikut ini:

Mengontrol kadar gula darah
Minum air rebusan biji semangka mampu membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Biji semangka kaya akan arginine, zat alami yang membantu mengontrol gula darah. Cara membuat minuman tersebut sangat mudah, Anda hanya perlu merebus segenggam biji semangka yang telah dihancurkan dalam satu liter air selama 15 menit. Minum air rebusan itu sebanyak satu gelas dalam sehari selama tiga kali sepekan.

Menyehatkan jantung
Biji semangka mengandung magnesium yang mampu menjaga kesehatan jantung dan mengontrol tekanan darah. Magnesium memainkan peranan penting dalam mengatur tekanan darah secara alami. Selain itu, magnesium juga mampu menurunkan risiko penyakit janting koroner dan stroke.

Advertisement

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Biji semangka kaya akan antioksidan yang berperan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, berbagai macam vitamin dan mineral dalam biji semangka juga mampu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Nutrisi yang terpenuhi dengan cukup tentu akan membuat tubuh kebal terhadap berbagai macam penyakit.

Memperkuat rambut
Bermasalah dengan rambut rontok? Segera atasi dengan meminum air rebusan biji semangka. Kandungan vitamin dan antioksidan yang tinggi pada biji semangka mampu memperkuat akar rambut. Selain itu, air rebusan biji semangka juga ampuh mengatasi berbagai masalah rambut lainnya. Bahkan, minuman tersebut juga bisa mengencangkan dan meremajakan kulit. 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif