Jateng
Jumat, 5 Mei 2017 - 07:50 WIB

LEBARAN 2017 : Pemerintah Upayakan Tol Pemalang-Batang Bisa Dilalui Pemudik

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi proyek pembangunan jalan (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Lebaran 2017 dari pemerintah berupaya memfungsikan jalur Tol Pemalang-Batang agar bisa dilalui pemudik.

Semarangpos.com, SEMARANG – Pemerintah terus mengupayakan jalan Tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang bisa dilalui pemudik saat Lebaran 2017 mendatang.

Advertisement

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Sri Puryono, saat melakukan kunjungan kerja melihat progres pembangunan jalan Tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang, di Batang, Rabu (3/5/2017).

Menurut dia, progres pembangunan jalan tol Batang-Semarang relatif cukup menggembirakan sehingga jalur bebas hambatan ini dapat dlintasi pemudik berkendaraan.

“Kita berdoa saja supaya cuaca betul-betul bersahabat. Mengenai masalah teknis konstruksi tidak ada persoalan, begitu cuaca bagus kerja dan sudah saya perintahkan kepada PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) kalau perlu dilembur,” kata Puryono, seperti dikutip laman berita Antara.

Advertisement

Mengenai permasalahaan pembebasan tanah yang masih menghambat pembangunan jalan tol baik tanah wakaf maupun tanah kas desa, Puryono mengklaim sudah diselesaikan dengan regulasi.

“Permasalahan tanah juga ada progres yang bagus karena ada regulasi yang sudah bisa diturunkan ke daerah yang tentunya tidak harus bertele-tele, apalaagi tanah kas desa itu kan dari pemerintah ke pemerintah,” katanya.

Adapun mengenai permasalahaan tanah milik masyarakat, kata dia, sebenarnya tidak ada masalah karena sudah ada kesepakatan harga melalui appraisal.

Advertisement

“Permasalahan pembebasan tanah memang ada. Beberapa tanah masyarakat yang sudah dikonsinyasi ada 26 bidang dan 10 bidang sudah selesai,” katanya.

Ia mengatakan jalur tol Batang-Semarang, khususnya jalan Batang hingga Kandeman diperkirakan sudah dapat dilintasi kendaraan mulai 31 Mei 2017.

Adapun untuk tempat peristirahatan (rest area) jalan Tol Pemalang-Batang, kata dia, akan disiapkan dua lokasi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif