Jogja
Jumat, 5 Mei 2017 - 18:56 WIB

Kraton Jogja Direnovasi, Anggaran Rp7 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kraton Jogja (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)

Pemda DIY merenovasi Bangsal Kencono dan Dalem Ageng Proboyakso yang berada di Kedhaton,

 
Harianjogja.com, JOGJA – Pemda DIY merenovasi Bangsal Kencono dan Dalem Ageng Proboyakso yang berada di Kedhaton, kompleks Keraton Ngayogyakarta melalui anggaran tahun 2017 sebesar Rp7 miliar.

Advertisement

Dalam pengerjaan rehabilitasi dua bagian inti Kraton ini harus melalui prosesi adat sesuai yang berlaku, seperti para pekerja wajib mengenakan seragam khusus.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUP-ESDM DIY Muhammad Mansyur menjelaskan, rehabilitasi kawasan Kraton Ngayogyakarta itu biasanya dikerjakan Dinas Kebudayaan DIY namun kemudian dilimpahkan ke Dinas PUP-ESDM DIY.

Adapun rehabilitasi di 2017 ini dilakukan dengan anggaran Rp7 miliar yang terbagi dalam dua kegiatan, yaitu rehabilitasi Bangsal Kencono dan Dalem Ageng Proboyakso, ditarget selesai pada akhir 2017.

Advertisement

Mansyur mengakui, pengerjaan rehabilitasi di kompleks inti Kraton ini tidak seperti proyek pada umumnya, karena harus memperhatikan banyak hal. “Sebelum direhab harus mendapat rekomendasi dulu dari pihak Kraton, dari dari berbagai sisi,” katanya, Jumat (5/5/2017).

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif