News
Selasa, 2 Mei 2017 - 09:37 WIB

SOLOPOS HARI INI : Korupsi e-KTP: Menanti Nyanyian Miryam

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Halaman Depan Harian Umum Solopos edisi Selasa, 2 Mei 2017.

Berita utama Harian Umum Solopos hari ini Selasa (2/5/2017) membahas tentang kelanjutan penyelidikan kasus dugaan korupsi e-KTP.

Solopos.com, SOLO – Anggota DPR, Miryam S. Haryani, tertangkap tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kemang, Jakarta, Senin (1/5/2017). Penangkapan Miryam ini diharapkan bisa menjadi babak baru pengungkapan kasus dugaan korupsi pengadaan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Advertisement

Berita tentang tertangkapnya Miryam ini menjadi berita utama Harian Umum Solopos, Selasa (2/5/2017). Selain berita tersebut ada juga berita tentang kurangnya keaktifan guru di Solo untuk menyumbang tulisan bagi Jurnal Pendidikan Mediprodik. Kemudian ada preview leg pertama semifinal Liga Champions antara Real Madrid vs Atletico Madrid.

Simak cuplikan berita utama Harian Umum Solopos, edisi Selasa 2 Mei 2017;

KORUPSI E-KTP: Menanti Nyanyian Miryam

Advertisement

Tertangkapnya anggota DPR Miryam S. Haryani diharapkan menjadi babak baru pengungkapan kasus dugaan korupsi pengadaan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Politikus Partai Hanura itu diharapkan mau buka-bukaan soal para pengancam yang membuat dirinya mencabut keterangan dalam berita acara pemeriksaan (BAP) saat sidang kasus e-KTP. ”Kami imbau kepada tersangka untuk buka seluas-luasnya keterangan apa yang diketahui yang bersangkutan,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (1/5).

Menurut Febri, penyidik KPK akan menelusuri pihak-pihak yang melatarbelakangi pencabutan keterangan Miryam dalam sidang. Dalam berita acara pemeriksaan (BAP), Miryam menyebut sejumlah nama anggota DPR menerima aliran dana proyek e-KTP.

Setelah pencabutan keterangan itu, Miryam menjadi tersangka karena diduga memberikan kesaksian palsu di persidangan.

Advertisement

Mantan anggota Komisi II DPR itu sempat buron selama lima hari sebelum akhirnya ditangkap polisi di Hotel Grand Kemang, Jakarta, Senin dini hari. Miryam mencabut keterangannya karena ada dugaan pengancaman.

Simak selengkapnya: http://epaper.solopos.com

GURU MENULIS: “Impor” Penulis dari Luar Solo, Tulisan Dimuat Malah Bayar

Bagi Sulardi kekurangan naskah dari guru menjelang penerbitan jurnal pendidikan menjadi masalah klasik. Pemimpin Umum Jurnal Pendidikan PGRI Solo ini kerap kebingungan mengatasi masalah itu. Jurnal akhirnya tidak bisa terbit secara rutin tiap tiga bulan sekali.

Advertisement

Sulardi menyatakan setiap penerbitan membutuhkan minimal sebanyak 15 naskah tulisan. ”Naskah tulisan dari guru yang masuk kerap kurang dari 15 sehingga penerbitan jurnal tertunda,” katanya ditemui Esposdi ruang kerjanya Dinas Pendidikan Solo Jl. D.I. Panjaitan Solo, Jumat (28/4).

Kebutuhan 15 naskah dari guru untuk tiga bulan sekali itu sangat kecil bila dibandingkan jumlah guru TK, SD, dan SMP berstatus pegawai negeri sipil (PNS) di Solo yang mencapai 3.145 orang.

Dengan kondisi ini, Jurnal Pendidikan Mediprodik yang diluncurkan Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo pada 2 Mei 2016 itu baru terbit tiga kali yakni pada Mei 2016, November 2016 dan Mei 2017.

”Untuk menutup kekurangan naskah tulisan dari guru di Solo, pada penerbitan Mei 2017 kami menerima tulisan dari guru luar seperti Sragen dan Wonogiri,” jelas Sulardi.

Advertisement

Salah satunya adalah guru asal SMAN 3 Sragen, Beti Marga Sulistawati. Dia menulis tentang Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP Kurikulum 2013 Melalui Bimbingan Berkelanjutan dengan Kerja Praktik dan Teknik Umpan Balik.

Simak selengkapnya: http://epaper.solopos.com

LIGA CHAMPIONS: Batu Loncatan atau Sandungan

Real Madrid dua kali menjadikan tetangga mereka, Atletico Madrid, sebagai batu loncatan meraih dua trofi Liga Champions dalam tiga tahun terakhir.

Tim berjuluk Los Blancos itu menundukkan Atletico di babak final ketika meraih trofike-10 (Decima) pada 2014 dan ke-11 (Undecima) pada 2016. Musim ini, dua kota Madrid kembali dipertemukan di semifinal Liga Champions.

Pilihannya ada dua, Atletico akan kembali menjadi batu loncatan atau justru menjadi batu sandungan Madrid meraih trofikali ke-12 (Duodecima) di Liga Champions?

Advertisement

Sejauh ini, belum ada tim yang berhasil mempertahankan gelar di era Liga Champions. Los Blancos akan mencoba bertahan di jalur yang benar untuk mematahkan kutukan tersebut ketika menjamu Atletico pada leg pertama semifinal di Santiago Bernabeu, Madrid, Rabu (3/5/2017) pukul 01.45 WIB.

Cristiano Ronaldo dkk. juga menginginkan tidak keluar lin-tasan untuk mewujudkan mimpi mengawinkan titel Liga Champions dan Liga Primera musim ini.

Simak selengkapnya: http://epaper.solopos.com

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif