News
Selasa, 2 Mei 2017 - 12:00 WIB

Mahasiswa UNS Solo Tuntut Transparansi UKT

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar aksi unjuk rasa di halaman Gedung Rektorat UNS Solo, Selasa (2/5/2017). (Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos)

Demo mahasiswa, ratusan mahasiswa UNS Solo meminta kejelasan soal UKT.

Solopos.com, SOLO — Ratusan mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar aksi demo di halaman Gedung Rektorat UNS Solo, Selasa (2/5/2017). Mereka mengajukan sejumlah tuntutan kepada para petinggi rektorat kampus setempat, utamanya kejelasan tentang uang kuliah tunggal (UKT).

Advertisement

Koordinator Umum Aksi, Ilham Akbar J., mengemukakan permasalahan yang disoroti dari UKT adalah sistem penggolongan UKT yang dirasa belum tepat dan adil, transparansi anggaran yang sangat kurang, variabel penggolongan UKT yang kurang jelas, tingginya UKT dan kenaikan UKT dari tahun ke tahun yang sampai saat ini belum mendapat solusinya.

“Salah satu permasalaha terkait transparansi adalah transparansi cost structure analysis [CSA] yang kewenangannya dipegang masing-masing universitas,” ungkap Ilham.

Kemudian mengenai kuliah kerja nyata (KKN), mereka menilai dalam kampus yang menerapkan UKT seharusnya KKN sudah termasuk di dalamnya karena merupakan sistem kredit semester (SKS) dalam perkuliahan.

Advertisement

Tapi pada kenyataannya masih ada penarikan pembayaran lagi, beber dia, sehingga kata tunggal dalam UKT seakan sirna.

Mereka juga menyoroti tentang gencarnya UNS sebagai World Class University (WCU) tapi pada kenyataannya lingkungan UNS belum dan sangat jauh dari kata ramah terhadap difabel.

“Sebagai contoh hampir di setiap gedung yang ada di UNS belum ada tangga khusus untuk difabel,” tegas dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif