Jogja
Selasa, 2 Mei 2017 - 07:19 WIB

KELULUSAN SMA SMK : Nilai SMK di Jogja Turun, Diduga Ini Penyebabnya

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi perayaan kelulusan SMA (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA dan SMK diumumumkan secara bersamaan, Selasa (2/5/2017) siang

 
Harianjogja.com, JOGJA– Hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA dan SMK diumumumkan secara bersamaan, Selasa (2/5/2017) siang. Nilai ujian para siswa  SMK melorot.

Advertisement

Baca juga : KELULUSAN SMA SMK : Besok Pengumuman, Nilai SMA Naik, SMK Melorot

Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji dalam hal penurunan nilai SMK ini lebih menduga karena SMK fokus pada pembelajaran produktif untuk menghasilkan softskill atau ketrampilan dibandingkan dengan nilai akademik.

“Kami akan mengevaluasi terjadinya penurunan nilai ujian nasional SMK tahun ini. Apakah ini ada kaitannya dengan revitalisasi SMK dari pemerintah yang lebih banyak digarap produktifnya dibandingkan akademik,” ujar Baskara Aji saat menyampaikan hasil pengumuman UNBK ini di Kantor Disdikpora DIY, Senin (1/5/2017) siang.

Advertisement

Menurut Aji, pada tahun-tahun sebelumnya nilai produktif siswa SMK beriringan dengan nilai akademik. Hasil UN pun tidak jauh berbeda dari uji kompetensi siswa.

“Karenanya apakah nilai akademik di SMK saat ini tidak digarap dengan baik sehingga nilai UN SMK jadi menurun, akan kami evaluasi lebih lanjut,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif