Jogja
Selasa, 2 Mei 2017 - 21:19 WIB

KELULUSAN SMA SMK : Nilai SMK Bantul Jeblok

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana pelaksanaan UNBK di SMK Muhammadiyah 2 Playen, Senin (4/4/2016). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Nilai hasil UNBK SMK Kabupaten Bantul secara keseluruhan terendah di seluruh DIY

 
Harianjogja.com, BANTUL–Meski dinyatakan lulus 100%, nilai hasil UNBK SMK Kabupaten Bantul secara keseluruhan terendah di seluruh DIY. Sedangkan untuk nilai UNBK SMA, Bantul berada di peringkat ketiga.

Advertisement

Kepala Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Bantul Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DIY, Suhirman membenarkan bahwa hasil nilai UNBK SMK Bantul ada di peringkat terbawah. Menurutnya setelah mengevaluasi dari berbagai sisi, anjloknya perolehan nilai UNBK SMK disebabkan oleh beberapa hal.

Pertama, minimnya jumlah pelaksanaan try out atau latihan pelaksanaan ujian dikarenakan anggaran yang awalnya diambil dari Kabupaten, berpindah kewenangan menjadi milik Provinsi.

Kedua, siswa masih canggung untuk menghadapi komputer. “Di komputer kan ada waktunya, beberapa siswa secara mental menjadi terburu-buru mengerjakan sehingga tidak maksimal,” kata dia pada Selasa (2/5/2017).

Advertisement

Ketiga, kebijakan bahwa UNBK tidak menjadi satu-satunya faktor penentu kelulusan menjadikan banyak siswa yang kurang bersungguh-sungguh untuk belajar. “Memang tidak semua, tapi kebijakan tersebut [bukan penentu kelulusan] menurut laporan beberapa guru berpengaruh pada siswa,” ujar dia.

Mengatasi permasalahan tersebut pihaknya mendorong para guru untuk selalu memotivasi siswanya meskipun nilai UNBK tidak berpengaruh pada kelulusan. “Harus dipahamkan dengan melihat hasil UNBK ini maka keberhasilan pembelajaran juga bisa diketahui,” ucap dia.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Kelulusan Sma Smk
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif