Soloraya
Selasa, 2 Mei 2017 - 22:15 WIB

80 Orang Ditangkap dalam Konvoi Kelulusan SMA Berujung Perusakan dan Penganiayaan di Klaten

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kaca mobil ini dirusak sekelompok orang yang berkonvoi di jalan raya Jogja-Solo, Selasa (2/5/2017) siang. (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Polisi menangkap 80 orang yang terlibat dalam konvoi kelulusan SMA berujung anarkistis di Klaten.

Solopos.com, KLATEN — Aparat Polsek Klaten menangkap sedikitnya 80 orang serta puluhan sepeda motor yang terlibat konvoi berujung perusakan dan penganiayaan di wilayah Prambanan, Klaten, Selasa (2/5/2017).

Advertisement

Selain peserta konvoi yang diduga melakukan aksi anarkistis, mereka yang ditangkap merupakan pelajar yang berkonvoi seusai pengumuman kelulusan di berbagai wilayah di Kabupaten Klaten. Beberapa orang yang ditangkap tak berstatus pelajar yang ikut dalam konvoi pengumuman kelulusan.

Wakapolres Klaten, Kompol Hari Sutanto, mengatakan antisipasi konvoi kelulusan sudah dilakukan sejak pukul 12.00 WIB dengan melakukan patroli. Terkait aksi anarkistis itu, ia mengakui kecolongan lantaran kondisi wilayah Klaten yang luas. (Baca juga: Ini Kronologi Konvoi Berseragam SMA Berujung Perusakan dan Penganiayan di Klaten)

“Informasinya ada penusukan dan perusakan di wilayah jalur Jogja-Solo. Ini masih kami dalami untuk memastikannya,” kata dia.

Advertisement

Hari menjelaskan polisi masih mendata serta meminta keterangan para saksi. “Untuk langkah awal kami pisah-pisah dan kami interograsi untuk mencari aktor di belakang aksi ini,” urai dia.

Terkait senjata tajam yang dibawa peserta konvoi, hingga Selasa sore, Hari menjelaskan belum ada barang bukti. “Untuk sementara barang bukti yang kami amankan sepeda motor serta kunci roda,” urai dia.

Sementara itu, untuk antisipasi aksi anarkistis kembali terjadi, anggota Polres Klaten disebar ke berbagai wilayah terutama di perbatasan Klaten dan DIY. Hal itu lantaran beberapa orang yang ditangkap merupakan warga wilayah DIY yang menggelar konvoi di Klaten.

Advertisement

Kapolsek Klaten Kota, AKP Warsono, menuturkan ada 15 orang yang ditangkap di wilayah Klaten Kota. Beberapa di antara mereka berstatus sebagai pelajar di wilayah Sleman, DIY. Ia tak menampik di antara mereka ada yang membawa gir.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif