Jogja
Senin, 1 Mei 2017 - 20:20 WIB

UJIAN NASIONAL 2017 : 8.172 Siswa SMP/MTs di Jogja Siap Ikut UNBK

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Simulasi UN CBT atau UNBK di SMK Nahdlatul Ulama (NU) Ungaran, Kabupaten Semarang, Rabu (30/3/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Semua siswa sekolah menengah pertama (SMP) dan sederajat di Jogja siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

 
Harianjogja.com, JOGJA-Kepala Dinas Pendidikan Kota Jogja, Edi Heri Suasana memastikan semua siswa sekolah menengah pertama (SMP) dan sederajat siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Total ada 8.172 peserta UNBK yang digelar hari ini, Selasa (2/5/2017).

Advertisement

“Semua sudah siap, sejak Februari lalu siswa sudah melakukan pendalaman materi menggunakan komputer sekaligus sebagai simulasi,” kata Edi, Senin (1/5/2017).

Total ada empat pelajaran yang akan diujikan dalam UNBK tahun ini, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Edi mengatakan semua sekolah baik SMP negeri mau pun SMP swasta sudah mempersiapkan teknis pelaksanaan UNBK. Untuk mengantisipasi jaringan dan server eror, pihaknya sudah menyiapkan petugas khusus yang bertanggung jawab terhadap server. Demikian juga dengan soal UNBK semua sudah diunduh dan disimpan dalam jaringan yang hanya bisa dibuka dengan kata kunci oleh siswa saat UNBK dimulai.

Advertisement

Hanya, Edi mengakui ada beberapa sekolah swasta yang harus digabung pelaksanaan ujiannya ke sekolah yang terdekat karena keterbatasan komputer. Namun ia mengklaim tidak ada persoalan karena dalam sehari UNBK digelar dua sampai tiga shift. Edi tidak tidak menyebutkan sekolah mana saja yang ujiannya digabung.

Pejabat Humas SMP Maria Immaculata, Sigit Prasetyo mengatakan sebanyak 150 siswa SMP di sekolahnya sudah siap menghadapi UNBK. Namun pihaknya tidak menyediakan genset karena sudah mendapat jaminan dari Dinas Pendidikan Kota Jogja selama proses UNBK tidak ada pemadaman listrik. UNBK di SMP Maria Immaculata digelar dua shift.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif