Lifestyle
Minggu, 30 April 2017 - 06:00 WIB

TIPS DIET : Hasil Studi: Makanan Diet Bikin Anda Gemuk

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi diet (Healthyopinion.com)

Hasil studi menunjukkan makanan diet justru membuat Anda gemuk.

Solopos.com, SOLO – Berbagai produk makanan diet memang mengandung kadar lemak lebih rendah ketimbang produk lain. Namun, berdasarkan penelitian terbaru, produk diet kebanyakan mengandung lebih banyak gula yang berpotensi membuat Anda semakin gemuk.

Advertisement

Studi yang dipublikasikan di Jurnal Physiology&Behavior juga menyebutkan makanan diet yang sarat akan gula menyebabkan kerusakan dan pembengkakan otak.

“Produk diet yang paling sering disebut rendah lemak justru mengandung gula yang disamarkan menjadi makanan sehat. Nyatanya makanan tersebut dapat merusak hati dan menyebabkan obesitas,” kata peneliti utama dalam studi tersebut, Krzysztof Czaja, dari University of Georgia, AS, sebagaimana dilansir Boldsky, Sabtu (29/4/2017).

Peneliti menggunakan tikus sebagai objek penelitian. Peneliti menyebut tikus yang diberi makanan rendah lemak namun tinggi gula justru meningkatkan massa lemak mereka ketimbang tikus yang diberi makan makanan normal.

Advertisement

Selama empat pekan, peneliti memantau berat badan, asupan kalori, komposisi tubuh, dan sampel tinja dalam tiga kelompok tikus. Kelompok pertama mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula, kelompok dua diberi makan rendah lemak dan tinggi gula, sementara kelompok tiga diberi makan makanan normal/seimbang.

Hasilnya, kelompok pertama dan kedua mengalami peningkatan lemak hati, berat badan, dan lemak tubuh yang signifikan ketimbang kelompok ketiga yang mengonsumsi makanan normal atau menjalani diet seimbang.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif