Soloraya
Minggu, 30 April 2017 - 19:43 WIB

Sebulan Tak Doyan Makan, Hanya Minuman Ini yang Dikonsumsi Mbah Gotho sebelum Meninggal

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mbah Gotho menjalani perawatan di RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen, Rabu (12/4/2017). (M Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)

Mbah Gotho tak doyan makan dan hanya ingin minum ini sebelum meninggal.

Solopos.com, SRAGENMbah Gotho meninggal dunia sepekan setelah pulang dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soehadi Prijonegoro Sragen. Di rumah sakit itu, Mbah Gotho sempat dirawat selama 10 hari sejak 12 April lalu.

Advertisement

Kepulangan Mbah Gotho dari rumah sakit bukan karena sudah sembuh. Keluarga dan rumah sakit tak kuasa menolak permintaan Mbah Gotho untuk pulang.

“Mbah Gotho tidak mau makan selama sepekan sehingga dia dibawa ke rumah sakit. Di rumah sakit, Mbah Gotho juga tidak mau makan. Keluarga dan dokter sudah merayunya untuk makan. Tapi Mbah Gotho tetap pada pendiriannya. Saat ditanya, dia mengaku hanya ingin mati. Bahkan, kepada keluarganya, ia berpesan supaya dia dibuang saja ke Sungai Bengawan Solo,” papar Kepala Desa Cemeng, Kecamatan Sambungmacan, Sragen, Sriyanto, kala dihubungi Solopos.com, Minggu (30/4/2017) malam.

Keluarga akhirnya menuruti permintaan Mbah Gotho yang menginginkan pulang. Selama sepekan di rumah, Mbah Gotho juga tidak doyan makan. Dia hanya mau minum teh hangat buatan anak dan cucunya.

Advertisement

Selama hampir sebulan, hanya teh hangat yang dikonsumsi Mbah Gotho. “Dia hanya mau minum teh. Teh itu dinikmati sedikit-sedikit. Dia tidak mau minum air putih. Sebelum dibawa ke rumah sakit, Mbah Gotho masih doyan merokok. Namun, sejak dibawa ke rumah sakit, keluarga tidak mengizinkan dia merokok lagi,” terang Sriyanto.

Mbah Gotho rencananya dikebumikan di permakaman umum Dusun Segeran RT 018, Desa Cemeng, Sambungmacan, Sragen, pada pukul 10.00 WIB. Permakaman itu hanya berjarak sekitar 200 meter dari rumahnya.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif