News
Minggu, 30 April 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 30 April

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ter Stegen. (Youtube.com)

Catatan sejarah dari berbagai belahan dunia terangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 30 April.

Solopos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah terjadi di bebagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 30 April. Demi mengenangnya, Solopos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 30 April, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Advertisement

Christopher Colombus. (Syaracuse.com)

1492
Pemerintah Kerajaan Spanyol bersepakat untuk mendanai pelayaran yang akan dilakukan Christopher Colombus. Dalam pelayaran yang didanai Kerajaan Spanyol itu, Colombus mengarungi Samudera Atlantik dari Eropa untuk menuju daratan barat yang kini disebut Benua Amerika.

Advertisement

1492
Pemerintah Kerajaan Spanyol bersepakat untuk mendanai pelayaran yang akan dilakukan Christopher Colombus. Dalam pelayaran yang didanai Kerajaan Spanyol itu, Colombus mengarungi Samudera Atlantik dari Eropa untuk menuju daratan barat yang kini disebut Benua Amerika.

George Washington. (History.com)

1789
George Washington secara resmi dilantik menjadi presiden pertama Amerika Serikat (AS). Washington menjabat sebagai presiden AS selama dua periode hingga 1797 dan didampingi John Adams sebagai wakil presiden. Dalam pidato perpisahannya pada 1797, ia menyerukan kepada rakyat AS agar meninggalkan rasa kepartaian dan rasa kedaerahan yang berlebih-lebihan.

Advertisement

1938
Untuk kali pertama, pertandingan sepak bola di Inggris ditayangkan di televisi. Pertandingan tersebut adalah laga final dalam ajang Piala FA yang mempertemukan Preston North End dan Huddersfield Town di Stadion Wembley, London. Dalam pertandingan itu, Preston North End keluar sebagai juara Piala FA setelah mengalahkan Huddersfield Town dengan skor 1-0.

1940
Jerman mengklaim telah menguasai seluruh wilayah Norwegia. Selain itu, Jerman juga menyatakan telah menangkap sejumlah tentara Inggris sebagai tawanan perang.

1945
Pasukan Uni Soviet mengibarkan bendera kemenangan di Gedung Reichstag, Berlin, Jerman sebagai tanda kemenangan Uni Soviet bersama Sekutu dalam Perang Dunia II. Banyak kalangan meyakini pemimpin Jerman, Adolf Hitler, dan istrinya, Eva Braun, bunuh diri di Furherbanker setelah Sekutu mengklaim kemenangan mereka.

Advertisement

1975
Pasukan Vietnam Utara berhasil menduduki Kota Saigon dan merebutnya dari tentara Vietnam Selatan. Saat itu, Presiden Vietnam Selatan Duong Van Minh menyerah tanpa syarat kepada Vietnam Utara yang sekaligus mengakhiri Perang Vietnam.

1980
Ratu Belanda, Juliana, menyerahkan takhta kerajaan kepada putrinya, Beatrix. Setelah memangku takhta selama 33 tahun, Beatrik menyerahkan kekuasaannya kepada putranya, Willem-Alexander, pada 30 April 2013.

John O’Shea. (Pantip.com)

Advertisement

1981
John Francis O’Shea lahir di Waterford, Irlandia. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah merumput bersama Manchester United selama 13 tahun. Kini, O’Shea masih aktif di dunia sepak bola profesional dengan membela Sunderland.

1992
Marc Andre Ter Stegen lahir di Monchengladbach, Jerman. Kini, Ter Stegen dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang memiliki posisi sebagai penjaga gawang. Ia kini membela sebuah klub raksasa di Spanyol, yakni Barcelona. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 29 April
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 28 April
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 27 April

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif