Soloraya
Sabtu, 29 April 2017 - 09:00 WIB

WISATA KLATEN : Menilik Pesona Watuprau dan Bukit Cinta Gununggajah Bayat

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengunjung berfoto di kompleks Taman Wisata Watuprau dan Gardu Pandang Bukit Cinta Gununggajah Kecamatan Bayat, Klaten, Kamis (27/4/2017). (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)

Wisata Klaten, Watuprau dan Bukit Cinta Gununggajah ramai dikunjungi wisatawan.

Solopos.com, KLATEN — Semenjak di-launching, Minggu (23/4/2017), kompleks Taman Wisata Watuprau dan Gardu Pandang Bukit Cinta Gununggajah Kecamatan Bayat ramai dipadati pengunjung. Tak hanya warga di Klaten Bersinar, berbagai warga dari luar Klaten juga menyempatkan hadir di lokasi yang juga menjadi surga peneliti geologi di Tanah Air itu.

Advertisement

Salah satu keunggulan yang ditawarkan di lokasi berjarak kurang lebih 19 kilometer dari pusat pemerintahan di Kabupaten Klaten itu, yakni pemandangan alam dari ketinggian. Tak hanya melihat kawasan Bayat dari ketinggian, pengunjung yang menginjakkan kakinya di atas bukit Gununggajah dapat melihat kawasan perkotaan hingga wilayah Prambanan.

Di bukit seluas kurang lebih lima hektare itu, para pengunjung dimanjakan dengan berbagai wisata alam yang jarang ditemui di objek wisata lainnya di Kabupaten Bersinar. Di dasar bukit cinta, pengunjung dapat menikmati keindahan batu besar. Oleh masyarakat setempat disebut watuprau. Batu tersebut berukuran panjang 30 meter dan lebar enam meter.

Menurut legenda warga setempat, batu itu awalnya perahu yang ditumpangi Joko Tuwo saat melamar Roro Denok. Saat melamar, tiba-tiba perahu itu terguling dan akhirnya menjadi bebatuan. Lokasi itu lebih dikenal dengan watuprau.

Advertisement

“Saat sekarang, batu ini terkesan tak terawat. Tapi tahun 2018, warga Gununggajah akan bahu-membahu memperbaiki penampilan batu ini agar benar-benar mirip perahu [saat ini, sebagian batu tertimbun tanah]. Harapannya, batu ini dapat menarik perhatian pengunjung,” kata koordinator Karang Taruna Gunungajah, Srimani, saat ditemui 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif