Jogja
Jumat, 28 April 2017 - 23:20 WIB

"Tua Keladi" Masuk Top 99 Inovasi Layanan Publik 2017

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Program Tua Keladi (Santun Lansia, Kesehatan Layak Diperhatikan) Pemkab Sleman masuk dalam top 99 Inovasi Layanan Publik 2017

Harianjogja.com, SLEMAN-Program Tua Keladi (Santun Lansia, Kesehatan Layak Diperhatikan) Pemkab Sleman masuk dalam top 99 Inovasi Layanan Publik 2017 yang diselenggarakan oleh KemenPAN-RB.

Advertisement

Ikut masuk pula inovasi berupa program Sunmor Sembada Minggu Pahingan yang merupakan promosi produk UMKM.

Program Tua Keladi merupakan inovasi dari UPT Puskesmas Gamping I yang memiiliki keunikan tersendiri. Ratih Susila, Kepala UPT Puskesmas Gamping I mengatakan jika program itu dilakukan secara terpadu alias one stop service. “Sudah dilakukan sejak 2012 lalu,” terangnya pada Kamis (26/4/2017).

Dalam inovasi ini, pemeriksaan kesehatan lansia dilakukan di poli khusus lansia, penyediaan ruang tunggu khusus yang terpisah, toilet khusus, penyedia alat bantu lansia , dan semua kebutuhan pasien lansia lainnya yang dilayani di poli lansia.

Advertisement

Pelayanan konseling juga dilakukan 24 jam melalui SMS Gateway dan juga kunjungan langsung ke rumah pasien. Dilakukan pula tes intelegensia dilanjutkan pelayanan terapi untuk pencegahan kepikunan melalui beberapa kegiatan seperti bermain congklak, mengisi teka teki silang, catur, dan senam lansia.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Lansia Sleman
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif