Jateng
Kamis, 27 April 2017 - 01:50 WIB

RASTRA JATENG : 3 Bulan, Sudah 37,01% Jatah Rastra Terpakai

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi beras untuk warga miskin (JIBI/Bisnis/Dok.)

Rastra Jateng sudah 37,01% tersalurkan dalam tiga bulan penyaluran.

Semarangpos.com, SEMARANG — Penyaluran beras sejahtera (rastra) Jawa Tengah dari awal tahun hingga saat ini mencapai 37,01%. “Sejauh ini, penyaluran rastra yang sudah dilakukan untuk pagu Januari, Februari, dan Maret,” ungkap Kepala Perum Bulog Divisi Regional Jawa Tengah Kepala Bulog Divisi Regional Jawa Tengah Djoni Nur Ashari di Kota vSemarang, Selasa (25/4/2017).

Advertisement

Berdasarkan data yang dimilikinya, penyaluran pagu bulan Januari hingga saat ini mencapai 92,41%, bulan Februari mencapai 50,33%, sedangkan untuk bulan Maret hingga saat ini masih berjalan. “Kalau untuk bulan April belum disalurkan. Pada dasarnya mengenai penyaluran ini kami tergantung pada permintaan Pemda,” katanya.

Djoni mengatakan untuk pagu penyaluran rastra di Jawa Tengah pada tahun ini masih sama dengan pagu pada tahun lalu. Berdasarkan data, total jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) di Jawa Tengah mencapai 2.440.902 KPM. Sedangkan dari sisi jumlah pagu rastra untuk Jawa Tengah sebanyak 439.362.360 kg pagu satu tahun atau 36.613.530 kg/bulan.

Sementara itu, dia mengatakan untuk jelang Lebaran biasanya akan ada percepatan penyaluran rastra termasuk pada tahun ini. “Biasanya kalau pada tahun lalu penyaluran rastra di bulan Januari-Februari diterimakan Maret, sedangkan untuk rastra bulan Maret-April diterimakan bulan April. Selanjutnya untuk bulan Mei dan Juni dipercepat di bulan Mei,” katanya.

Advertisement

Menurut dia, percepatan penyaluran rastra Jateng yang dulunya disebut raskin tersebut wajar dilakukan untuk stabilisasi harga beras menjelang Lebaran.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif