Jogja
Kamis, 27 April 2017 - 16:55 WIB

Bandara Kulonprogo Dibangun, Sleman Ikut Berbenah

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wisatawan di Candi Prambanan (JIBI/Dok)

Pembangunan bandara baru, New Yogyakarta International Airport (NYIA) harus direspon dengan persiapan yang matang

 

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN – Pembangunan bandara baru, New Yogyakarta International Airport (NYIA) harus direspon dengan persiapan yang matang. Jika tidak siap, masyarakat Sleman akan menjadi penonton dari perputaran ekonomi yang ada.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman Endah Sri Widiastuti mengatakan, banyak peluang dan tangan menghadapi keberadaan bandara NYIA.

Ia menyebutkan di antaranya pembangunan ekonomi, mendongkrak jumlah wisatawan, perluasan investor dan lapangan kerja hingga peningkatan pendapatan daerah. Namun jika peluang tersebut tidak diimbangi dengan persiapan yang matang dan sumber daya manusia yang handal, peluang tersebut akan terlewati.

Advertisement

Di Sleman, katanya, terdapat potensi wisata yang bisa dikembangkan. Mulai wisata candi, wisata alam, hingga wisata buatan banyak bertebaran di Sleman.

Di wilayah Timur, ada sembilan candi, seperti Prambanan,  Boko, Ijo, Banyunibo, Baron, Sari, Kalasan, Sambisari dan Gebang yang bisa menjadi daya tarik wisatawan. Selain itu, terdapat 31 desa wisata terdiri atas sembilan desa wisata mandiri, delapan desa wisata berkembang dan14 desa wisata tumbuh.

“Dari desa wisata yang ada, hanya enam desa wisata yang ada di Sleman Barat. Ini dikarenakan Sleman barat difokuskan sebagai lumbung pangan,” katanya di forum group discussion (FGD) Forum Pemantau Independen (Forpi) Sleman, Rabu (26/4/2017).

Advertisement

Sebagai lumbung pangan, wilayah Sleman Barat yang terdiri dari Godean, Seyegan, Minggir dan Moyudan akan dikembangkan wisata berbasis pertanian. Penggodokan rencana tersebut dilakukan sejak 2016 lalu.

Pasalnya, di wilayah tersebut banyak potensi wisata yang belum tergarap mulai view sawah, Sungai Progo, potensi kuliner, budaya hingga heritage. Di wilayah tersebut terdapat rumah peninggalan sekolah aka?emi kepolisian, dan benteng Van Der Wijck.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif