Jogja
Rabu, 26 April 2017 - 22:55 WIB

SNMPTN 2017 : UGM dan UNY Masih 10 Besar Terlaris

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). (Smanegeri2sampit.sc.id)

SNMPTN 2017, ribuan mahasiswa dinyatakan lolos.

Harianjogja.com, JOGJA – Sebanyak dua dari lima perguruan tinggi negeri (PTN) di Jogja masih menjadi kampus paling diminati dalam pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017. Dua kampus terlaris tersebut adalah Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Advertisement

Dalam rilis data SNMPTN 2017 yang diterima Harianjogja.com, Rabu (26/4/2017) petang, UGM menempati peringkat lima dengan capaian 31.814 pendaftar. Dari jumlah tersebut hanya diterima sebanyak 1.993 pendaftar. Sementara kampus tetangga, UNY, menempati peringkat 10 dengan jumlah 23.838. Dari jumlah itu diterima sebanyak 1.405 pendaftar. sementara total pendaftar SNMPTN di seluruh Indonesia ada sebanyak 517.166 siswa. Dari keseluruhan yang diterima sebanyak 101.906 siswa di mana 27.058 di antaranya berhasil masuk lewat jalur bidik misi.

Sementara dalam keterangan yang disampaikan Humas UGM, Rabu malam menyampaikan, sebanyak 1.993 calon mahasiswa yang diterima di kampus itu berasal dari beberapa pilihan peminatan.

Wakil Rektor Bidang Akademik UGM Iwan Dwiprahasto menyampaikan, para calon mahasiswa tersebut terbagi dalam kelompok bidang IPA sebanyak 1.408 dan kelompok bidang IPS sebanyak 585. Dengan demikian, hanya 5,88% yang akhirnya diterima di UGM melalui jalur SNMPTN.

Advertisement

Sementara Kepala Admisi UNY Setya Raharja menyampaikan, dalam SNMPTN ini kampusnya memaksimalkan kuota dalam penerimaan mahasiswa baru.

“Kuotanya dari panitia kan 30 persen sehingga kami memaksimalkan itu. Jadi ada 1.405 calon mahasiswa yang kami terima dalam SNMPTN kali ini. Kuota sisa akan diisi lewat jalur SBMPTN dan SNMPTN,” jelas Setya.
Dari UPN Veteran Yogyakarta,  tiga prodi Teknik Perminyakan, Teknik Pertambangan dan Komunikasi juga masih belum tergeser sebagai jurusan favorit. Kepala Humas UPN Veteran Yogyakarta Markus Kusnardiyanto menyampaikan, dalam SNMPTN kali ini pihaknya menerima 717 calon mahasiswa.

Terpisah, Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga Ridwan mengatakan ada 379 calon mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang lolos proses SNMPTN. Jumlah tersebut merupakan hasil seleksi dari 3.398 siswa yang memilih program studi dari sekolah dengan jurusan tertentu.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif