News
Rabu, 26 April 2017 - 21:30 WIB

Ahok Pertanyakan Alasan Anies-Sandi Ingin Jual Saham Bir

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Anies Baswedan berjabat tangan seusai melakukan pertemuan di Balai Kota, Jakarta, Kamis (20/4/2017).(JIBI/Solopos/Antara/Hafidz Mubarak A.)

?Ahok mempersilakan Anies-Sandi yang ingin menjual perusahaan bir, namun mempertanyakan alasannya.

Solopos.com, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mempersilakan rencana Anies Baswedan-Sandiaga Uno (Anies-Sandi) yang akan menjual saham PT Delta Djakarta Tbk?. Namun, Ahok mempertanyakan alasan penjualan saham produsen bir yang sudah dimiliki Pemprov DKI sejak era Ali Sadikin.

Advertisement

“Kalo mau jual silakan lelang terbuka supaya yang belinya jelas. Apapun boleh saja asal transparan,” ujar Ahok di Balai Kota Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Menurutnya, saham Delta Djakarta telah dimiliki Pemprov sejak dulu, yaitu sejak kepemimpinan Gubernur Ali Sadikin. Karena itu, perusahaan tersebut memiliki catatan sejarah untuk Pemprov DKI Jakarta.

PT Delta Djakarta Tbk merupakan perusahaan produsen bir merek Anker Beer, Carlsberg, San Miguel, dan Stout. Pemprov DKI Jakarta memiliki saham 26,25% atau setara dengan 4,2 juta lembar saham yang terbagi atas dua nama, yakni Municipal Government of Jakarta dan BP IPM Jaya.

Advertisement

Ahok juga mempertanyakan alasan rencana penjualan saham tersebut. Pasalnya, dia menilai hingga saat ini keuntungan dari kepemilikan saham itu cukup besar berkontribusi terhadap Pemprov DKI.

“Kalau alasannya tidak boleh punya produk bir, tidak boleh punya saham, itu tidak masuk akal, karena sudah ada diatur dalam peraturan daerah,” katanya. Baca juga: Jual Saham Perusahaan Bir, Anies-Sandi Bantah Terkait “Jakarta Bersyariah”.

Ketua Tim Sukses Anies-Sandi, Mardani Ali Sera, mengatakan rencana penjualan saham perusahaan produsen bir tersebut akan dilaksanakan ketika Anies-Sandi resmi menjabat sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI pada Oktober mendatang.

Advertisement

“Kami ingin Pemprov DKI berinvestasi di sektor-sektor bermanfaat saja. Jadi kami ingin ada keberkahan [dalam setiap usaha yang dijalankan pemda],” ujarnya kepada Bisnis/JIBI, Rabu (27/4/2017).

Dia menjelaskan ke depan kubu Anies-Sandi akan menjual semua saham PT Delta Djakarta Tbk. Pihaknya akan memikirkan untuk menjajaki usaha lain yang dijalankan badan usaha milik daerah (BUMD) yang lebih bermanfaat dan berkah untuk pemda dan masyarakat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif