Soloraya
Selasa, 25 April 2017 - 15:15 WIB

BANJIR SUKOHARJO : Genangan Masih Terjadi, DPRD Minta Pemkab Evaluasi Pekerjaan Rekanan

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Banjir menggenangi jalan di Solo Baru mulai dari Jembatan Bacem sampai Bundaran Patung Pandawa, Minggu (23/4/2017) malam. (Tika Sekar Arum/JIBI/Solopos)

Banjir Sukoharjo, legislator minta pemkab mengecek masa pemeliharaan proyek yang dikerjakan rekanan.

Solopos.com, SUKOHARJO – Legislator Sukoharjo menyayangkan banjir yang terjadi Minggu (23/4/2017) malam hingga Senin (24/4/2017) di kawasan Kabupaten Makmur. Apalagi ruangan pimpinan DPRD dan fraksi di DPRD Sukoharjo juga ikut tergenang setelah hujan dengan intensitas tinggi melanda wilayah setempat.

Advertisement

Padahal tahun lalu baru selesai dikerjakan perbaikan saluran, khususnya di proliman sisi timur atau lingkungan rumah dinas Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya. Selain perbaikan saluran air juga diselesaikan pembangunan city walk, namun air masih menggenang pada akhir pekan lalu.

Wakil Ketua DPRD Sukoharjo, Sunoto, Selasa (25/4/2017), setelah proyek selesai dikerjakan ada masa pemeliharaan dengan waktu berbeda-beda. Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu meminta dinas terkait melihat kembali jadwal masa pemeliharaan masng-masing rekanan saluran air maupun city walk.

“Rekanan semestinya memperbaiki apa yang dinilai rusak atau menjadi penyebab munculnya genangan Minggu dan Senin kemarin. Perbaikan dibebankan kepada anggaran masa pemeliharaan,” ujarnya.

Advertisement

Sunoto menjelaskan perbaikan saluran air dimaksudkan untuk mengatasi genangan di Sukoharjo Kota. “Apakah pengerukan saluran air kurang dalam ataukah masih ada sisa-sisa material yang belum dibersihkan di city walk. Semua dicari akar masalah agar tidak muncul persoalan yang sama,” katanya.

Sebelumnya Ketua DPRD Sukoharjo, Nurjayanto, menyatakan penyebab utama genangan air di Sukoharjo Kota karena belum adanya normalisasi Kali Langsur.

Menurutnya saluran di kampung-kampung sekitar Jalan Veteran Sukoharjo atau jalan depan Gedung DPRD Sukoharjo bermuara ke Kali Langsur. Saat ini, kondisi Kali Langsur cukup parah yakni sedimentasi tinggi dan menyempit. Pemkab Sukoharjo tak bisa berbuat banyak karena kewenangan Kali Langsur berada di bawah Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS).

Advertisement

Kepala DPU Sukoharjo, Suraji hingga berita ini ditulis belum bisa dimintai konfirmasi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif