Jogja
Minggu, 23 April 2017 - 00:22 WIB

Dianggarkan Rp16,97 Miliar, 1.000 LPJU Bantul Bakal Dipasang

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

LPJU Bantul dipasang di 1000 titik

Harianjogja.com, BANTUL — Meminimalisasi aksi kriminal dan kecelakaan lalu lintas akibat gelapnya jalan, Pemkab Bantul berencana akan menambah 1.000 titik Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di sejumlah ruas jalan kabupaten. Tak tanggung-tanggung, anggaran yang disiapkan untuk pengadaan LPJU itu mencapai Rp16,97 miliar.

Advertisement

Hingga kini, pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul masih melakukan kajian perencanaan terkait penentuan titik pemasangan. Pun jenis lampunya, Dishub Bantul kemungkinan akan memprioritaskan pemasangan lampu dengan model LED (Light-Emitting Diode). “Memang, nantinya akan kami arahkan semua LPJU di Bantul menggunakan LED. Karena lampu jenis LED jauh lebih hemat listrik,” kata Kepala Dishub Bantul Aris Suharyanta kepada wartawan, Jumat (21/4/2017).

Sementara terkait target waktu pemasangan, Aris memperkirakan, pemasangan baru akan dilakukan antara Mei-Juni mendatang.

Terpisah, Kepala Bidang Teknik Sarana dan Prasarana (TSP) Dishub Bantul Cahya Widada, menjelaskan, dari 1.000 titik LPJU itu, sekitar 500 di antaranya akan menggunakan model LED. Ia mengaku belum berani menggunakan model LED untuk semua LPJU. “Karena kalau ada getaran, kadang sering bermasalah,” katanya.

Advertisement

Ia menambahkan, pemakaian LPJU model LED di Bantul sebenarnya telah dirintis sejak 2015 lalu. Ke depannya, dengan spesifikasi yang semakin baik, ia berharap secara bertahan LPJU di Bantul bisa beralih ke LED.

Diakui, selain menanggung beban pemeliharaan, perawatan, serta pebayaran tagihan listrik dari LPJU di ruas jalan kabupaten, pihaknya juga dibebani LPJU di sejumlah titik ruas jalan milik Provinsi. “Seperti dari Giwangan sampai Imogiri, dan Jalan Palbapang-Barongan itu, lampu PJU pemeliharaan sama rekening listriknya karena dulu ada penyerahan dari provinsi kita yang melaksanakan,” bebernya.

Total, lampu PJU di jalan kabupaten sejauh ini baru terpasang 3.500 titik. Menurut perhitungannya, guna menyulap jalanan di Bantul menjadi benderang, panjang jalan kabupaten di Kabupaten Bantul dibagi per 50 meter. Secara keseluruhan menurut dia dibutuhkan sekitar 12.000 titik lampu PJU di seluruh jalan kabupaten. “Kita baru 3.500 titik, dan akan tambah 1000 titik tahun ini, tapi tak menutup kemungkinan nanti juga menyentuh jalan desa,” pungkasnya.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : LPJU Bantul Pemkab Bantul
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif