Jogja
Minggu, 23 April 2017 - 05:22 WIB

Bank Indonesia Targetkan 1.000 Pojok Baca

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng (kanan) menyerahkan BI Corner dan bantuan prasarana pendidikan secara simbolis kepada Kepala Sekolah SMAN 1 Purworejo Padmo Sukoco di aula SMAN 1 Purworejo, Jumat (21/4/2017). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

Bank Indonesia memperbanyak sebaran BI Corner

Harianjogja.com, PURWOREJO — Bank Indonesia akan memperbanyak sebaran BI Corner di Indonesia. BI menargetkan bisa memiliki 1.000 unit BI Corner sampai 2020 nanti.

Advertisement

BI Corner merupakan pojok baca yang dibangun oleh Bank Indonesia (BI). Di dalamnya terdapat mini-perpustakaan dengan beragam koleksi buku, jurnal internasional, dan dilengkapi perangkat komputer untuk mengakses literatur terkini tentang keuangan dan perbankan.

“Targetnya pada 2020 bisa memiliki 1.000 BI Corner. Saat ini baru ada 263 jadi masih kurang banyak,” kata Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng pada wartawan seusai mengisi Ceramah Motivasi kepada siswa di SMAN 1 Purworejo, Jumat (21/4/2017).

Ia mengatakan, selain ditempatkan di lingkungan kampus, BI Corner juga ada di lingkungan sekolah menengah. Menurutnya tidak menutup kemungkinan BI Corner akan ditempatkan di daerah pedesaan agar bisa menjadi media belajar bagi masyarakat di pelosok.

Advertisement

BI Corner juga menjadi sarana untuk mendekatkan diri pada masyarakat akan peran dan fungsi Bank Indonesia. Tidak hanya sebagai pojok baca, BI Corner juga menginisiasi beragam kegiatan seperti sayembara menulis dan inovasi. Seperti yang pernah dilakukan BI yaitu menggelar inovasi tentang payment sistem.

“Goal dari BI Corner ini adalah mencerdaskan bangsa. Ini [BI Corner] adalah program sosial Bank Indonesia. Kami care terhadap kemajuan bangsa,” tuturnya.

Selain BI Corner, Bank Indonesia juga memberikan sumbangan perbaikan sekolah. Sugeng sendiri merupakan alumni SMAN 1 Purworejo angkatan 1977. Dalam kunjungannya, Sugeng ditemani para Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) dari beberapa daerah. Selain dari Purwokerto dan Semarang, Sugeng juga didampingi Kepala Kpw BI DIY Budi Hanoto.

Advertisement

Kepala Sekolah SMAN 1 Purworejo Padmo Sukoco menyambut baik kunjungan rombongan BI tersebut yang sekaligus sebagai wujud dedikasi untuk negeri. “Kami ingin sekali meniru jejak langkah Bapak [Sugeng] tapi dengan cara yang berbeda. Kami mohon arahan para pejabat,” tuturnya.

Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti mengatakan, SMAN 1 Purworejo sudah mencetak lulusan terbaiknya dan mampu memimpin di berbagai lembaga baik di tingkat nasional mupun internasional. “Kami berharap, SMAN 1 lebih berkemampuan dalam membangun dan semakin memiliki sarana lengkap,” ujarnya.

Advertisement
Kata Kunci : Bank Indonesia BI Corner
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif