Sport
Sabtu, 22 April 2017 - 07:25 WIB

LIGA EUROPA : MU Melawan Kutukan Klub Spanyol

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pemain Manchester United merayakan gol. (Reuters / Phil Noble)

Liga Europa akan menyajikan duel Manchester United vs Celta Vigo.

Solopos.com, NYON — Manchester United (MU) sepertinya beruntung ketika undian semifinal Liga Europa mempertemukan mereka dengan Celta Vigo. Klub Spanyol itu tak memiliki tradisi bagus di kompetisi Eropa dan hanya nangkring di posisi 10 klasemen sementara Liga Spanyol.

Advertisement

Namun jika melongok sejarah MU saat bertemu tim-tim Spanyol di ajang Eropa, anggapan United bakal menang mudah atas Celta bisa jadi hanya isapan jempol. United tercatat takluk 16 kali dari 47 pertemuan melawan klub-klub dari Negeri Matador. Dari sejumlah perjumpaan itu, Setan Merah hanya memenangi 12 laga di antaranya.

United bahkan hanya sekali menang dari delapan pertemuan terakhir melawan klub Spanyol. Sisanya berakhir imbang (tiga kali) dan kalah (empat kali). Sebaliknya, Celta punya rekor cukup lumayan saat bersua tim Inggris yakni lima kali menang dan empat kali kalah.

Celta pernah mengalahkan Aston Villa di semifinal Piala Intertoto untuk kemudian menjuarai turnamen itu tahun 2000, prestasi terbaik dalam sejarah klub. Namun yang patut dicermati, tiga pertemuan terakhir Celta melawan klub Inggris berakhir kekalahan yakni dari Arsenal di babak 16 besar Liga Champions 2003/2004 (dua kali) dan Newcastle  United di fase grup UEFA Cup 2006/2007.

Advertisement

Pelatih MU, Jose Mourinho, mengaku lelah setelah menjalani padatnya jadwal pertandingan termasuk Liga Europa. Namun dia tak ingin kehilangan kesempatan menjuarai Liga Europa musim ini. Gelar juara di turnamen tersebut dapat menggaransi jatah United di Liga Champions musim depan.

“Saya lelah, demikian juga para pemain. Namun kami masih punya mimpi menjuarai kompetisi,” ujarnya seperti dilansir manutd.com, Jumat.

Di laga semifinal itu, striker Celta Vigo, Giuseppe Rossi, bakal menjalani laga emosional karena pernah membela United di periode 2004-2007. Sementara itu, Olympique Lyon bakal ditantang Ajax Amsterdam di semifinal lain. Kedua tim susah payah melaju ke babak selanjutnya setelah harus menjalani babak perpanjangan waktu di perempat final.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif