Soloraya
Jumat, 21 April 2017 - 20:15 WIB

PASAR KLEWER : Pedagang Senang, Dagangannya Laku Saat Peresmian

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lantai II Pasar Klewer seusai meresmikan pasar tersebut, Jumat (21/4/2017). (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Pasar Klewer, barang dagangan pedagang laku saat peresmian.

Solopos.com, SOLO — Para pedagang pelataran di lantai II Pasar Klewer tampak mengemasi barang dagangan mereka, Jumat (21/4/2017) siang, seusai kegiatan peresmian pasar. Salah satu dari mereka adalah Asih yang berjualan di barisan terdepan dari sisi timur dekat eskalator.

Advertisement

Pria yang menjual pakaian tersebut memasukkan beberapa barang dagangan ke dalam karung plastik. Asih merupakan satu di antaranya ratusan pedagang pelataran yang ikut memeriahkan peresmian pasar dengan menggelar barang dagangan meski bukan di lapaknya sendiri. (Baca juga: Peresmian Pasar Klewer, 2  Gunungan BH Dikirab)

Dia mengatakan lapak yang dia gunakan untuk berdagang pada hari peresmian tersebut hanyalah lapak sementara. Secara resmi, pedagang pelataran belum memperoleh nomor lapak.

Advertisement

Dia mengatakan lapak yang dia gunakan untuk berdagang pada hari peresmian tersebut hanyalah lapak sementara. Secara resmi, pedagang pelataran belum memperoleh nomor lapak.

“Ya ini untuk menyambut kedatangan Presiden, kami berjualan di lapak sementara,” kata dia saat ditemui Solopos.com di lantai II Pasar Klewer, Jumat.

Jadi setelah acara peresmian selesai, para pedagang pun mengemasi barang dagangan mereka karena lokasi yang digunakan untuk berdagang hari itu bukan lapak mereka.

Advertisement

Setelah menerima kartu lapak, dia berencana langsung menata barang dagangannya. Asih mengaku senang dengan lokasi jualan yang dia dapatkan. Selain lebih bersih, sirkulasi udara di lantai II dinilainya cukup lancar.

“Tapi yang kami khawatirkan, biasanya konsumen yang datang adalah konsumen wanita, tidak menutup kemungkinan sudah tua. Kalu harus naik sampai lantai II apa ya mau?” kata dia.

Dia berharap eskalator yang berada di sisi timur bisa terus difungsikan untuk kenyamanan pengunjung. Hari itu belum semua pedagang di lantai II menggelar dagangan. Masih ada beberapa lapak yang kosong. Selain zona pakaian, di lantai II ada zona jajanan, kuliner, dan kemasan.

Advertisement

Pada acara peresmian Pasar Klewer, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pasar terutama lantai II. Didampingi Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Presiden Jokowi berkeliling di lantai II pasar tersebut. Presiden Jokowi mengatakan Pasar Klewer adalah ikon Kota Solo.

“Pasar klewer tidak boleh kalah dengan mal besar. Harus menjadi pasar yang aman dan nyaman serta tertib. Pengunjung juga bisa tawar-menawar dengan pedagang. Keramahan pedagang itu penting,” kata dia dalam sambutannya saat peresmian.

Pada kesempatan tersebut, dia juga mengajak tamu undangan yang hadir belanja di Pasar Klewer. “Saya perlu ingatkan kepada tamu-tamu dari luar Solo, nanti jangan hanya lihat-lihat pasarnya, tapi beli, belanja!” kata dia.

Advertisement

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif