News
Kamis, 20 April 2017 - 17:30 WIB

Mike Pence Kunjungi Istiqlal, "Islam Indonesia Menginspirasi Dunia"

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wakil Presiden Amerika Serikat Michael R. (Mike) Pence (ketiga kiri) didampingi istri Karen Pence dan putrinya Charlotte berbincang dengan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar dan Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal Muhammad Muzamil Basyuni di Masjid Istiqlal di Jakarta, Kamis (20/4/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Wahyu Putro A)

Mike Pence mengunjungi Masjid Istiqlal sebagai bentuk ketertarikannya terhadap tradisi Islam modern Indonesia yang menginspirasi dunia.

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Presiden AS Mike Pence menjadikan momen kunjungannya ke Masjid Istiqlal Jakarta untuk memperdalam ikatan kultural dengan bangsa Indonesia. Dia menuturkan Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia dan memiliki tradisi Islam modern telah mampu menginspirasi dunia.

Advertisement

Pence menuturkan Indonesia dan AS memiliki kesamaan dalam hal keberagaman agama. Praktik kehidupan beragama di Indonesia dinilai mampu memberikan harapan bagi masa depan.

“Kami sangat berterima kasih kepada Indonesia yang memberikan inspriasi tersebut kepada dunia,” ujar Pence dalam pernyataan pers bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (20/4/2017).

Pence juga mengaku bangga menjadi salah satu mitra pertahanan Tanah Air yang paling lama dan erat. Di bawah kepemimpinan Presiden Donald Trump, Negeri Paman Sam berkomitmen penuh untuk meneruskan kerja sama tersebut.

Advertisement

Wakil Presiden Amerika Serikat Michael R (Mike) Pence bertemu tokoh lintas agama di Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (20/4/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Wahyu Putro A)

“Kerja sama yang lebih kuat akan berguna bagi kita untuk menghadapi berbagai macam ancaman keamanan. Tantangan terberat yang kita hadapi adalah terorisme,” kata Pence.

Pence menyayangkan Indonesia juga mengalami sejumlah serangan teroris seperti halnya AS, termasuk serangan bom Sarinah yang dinilai telah mengguncang dunia pada Januari 2016. Pence menegaskan kerja sama di bidang pertahanan dengan Indonesia akan terus dilakukan guna mempertahankan sistem aturan dasar yang menjadi pondasi bagi perdamaian dan kesejahteraan wilayah ASEAN.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif