Jogja
Kamis, 20 April 2017 - 02:22 WIB

BANDARA KULONPROGO : Progres Pembangunan Relokasi Baru 10 Persen

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penjabat Bupati Kulonprogo, Budi Antono melakukan peletakan batu pertama di lahan relokasi wilayah Desa Janten, Kecamatan Temon, Kulonprogo, Rabu (19/4/2017). (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja)

Bandara Kulonprogo, proses pembangunan relokasi mukau1,7 juta.

Harianjogja,com, KULONPROGO -Pihak fasilitator mengakui jika proses pembangunan hunian rumah bagi warga terdampak pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang memilih relokasi berjalan lambat. Sebulan paska seremoni awal peletakan batu pertama, progres pembangunan diperkirakan baru 10 persen.

Advertisement

Koordinator pendamping warga terdampak, Arif Budi Wahyono mengatakan pembangunan rumah di lahan relokasi menggunakan sistem Rehabilitasi dan Rekonstruksi Masyarakat dan Permukiman Berbasis Komunitas (Rekompak) yang pernah diterapkan untuk memindahkan korban erupsi Gunung Merapi di Sleman. Namun, sistem tersebut menghadapi banyak kendala saat diaplikasikan kepada warga terdampak pembangunan NYIA di Kulonprogo.

Arif memaparkan, pihaknya masih sibuk memfasilitasi warga dalam mempersiapkan pembangunan rumah di lahan relokasi. Dia mengaku sudah menyerahkan desain bangunan sesuai tipe yang disediakan. Namun, warga rupanya tidak puas dengan desain yang ditawarkan sehingga menghendaki adanya perubahan. Sebagian warga juga menghendaki adanya bantuan dari tenaga tukang bangunan sehingga perlu dicarikan dulu.

“Masyarakat juga mau menunggu pengurukannya padat dulu,” ucap Arif usai acara peletakan batu pertama di lahan relokasi wilayah Desa  Janten, Kecamatan Temon, Kulonprogo, Rabu (19/4/2017).

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif