Sport
Rabu, 19 April 2017 - 17:25 WIB

LIGA CHAMPIONS : Tanpa Fabinho, Monaco Pantas Waswas

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gelandang Monaco, Fabinho, saat berduel dengan gelandang Dortmund, Shinji Kagawa. (JIBI/Reuters/Kai Pfaffenbach)

Liga Champions akan menyajikan duel AS Monaco vs Borussia Dortmund.

Solopos.com, MONACO — AS Monaco seakan sudah menjejakkan satu kakinya di semifinal Liga Champions musim ini setelah menang 3-2 pada leg pertama perempatfinal di kandang Borussia Dortmund, tengah pekan lalu.

Advertisement

Tim yang sedang memuncaki klasemen sementara Ligue 1 Prancis tersebut tidak hanya membawa modal kemenangan di leg pertama. Tapi mereka juga mengantongi tiga gol tandang. Itu artinya, Kylian Mbappe cs. tetap akan lolos meski kalah 1-2 pada leg kedua perempatfinal melawan Dortmund di Stade Louis II, Monaco, Kamis (20/4/2017) pukul 01.45 WIB.

Tapi, Monaco tidak akan diperkuat salah satu pilar mereka, Fabinho, karena terkena akumulasi kartu kuning. Gelandang asal Brasil tersebut bisa dikatakan unsung hero bagi tim berjuluk Les Monegasques itu. Kali terakhir, Monaco bermain tanpa Fabinho yakni ketika dibantai Paris Saint-Germain (PSG) 1-4 pada final Piala Liga, April 2017 ini.

Selama 2017, Monaco hanya sekali menelan kekalahan dan meraup 75% kemenangan di semua kompetisi ketika bermain dengan Fabinho. Bersama tandemnya di lini tengah, Tiemoue Bakayoko, Fabinho menjadi pemain kunci Monaco sebagai tim paling efisien dalam menyerang. Sebagai gelandang bertahan dan bek kanan, Fabinho masih bisa berkontribusi dalam serangan Monaco. Dia bahkan mampu melepaskan 10 gol dalam 46 pertandingan.

Advertisement

Pelatih Monaco, Leonardo Jardim, kemungkinan akan memasang Joao Moutinho sebagai pengganti Fabinho. Padahal, Moutinho pula yang dipasang menggantikan Fabinho untuk berpasangan dengan Bakayoko ketika Monaco kalah telak dari PSG, bulan ini.

Di sisi lain, Monaco terlihat cukup kelelahan dalam melakoni jadwal padat di Ligue 1 dan Liga Champions. Monaco terselamatkan gol-gol Radamel Falcao dalam dua laga terakhir di Ligue 1.  “Setiap laga akan seperti ini sampai akhir. Jika Anda tidak bermain di Liga Champions, Anda hanya akan main sekali dalam sepekan,” jelas Jardim, seperti dilansir Herald.co, Selasa (18/4/2017).

Falcao dan Mbappe akan kembali menjadi senjata lini depan Monaco melawan Dortmund. Falcao yang memborong 26 gol seolah terlahir kembali setelah mengalami flop ketika dipinjamkan ke Manchester United dan Chelsea.

Advertisement

Sementara Mbappe menjadi buah bibir setelah dua gol ke gawang Dortmund di leg pertama. Pemain yang mengoleksi 15 gol dalam 15 penampilan terakhirnya itu disebut-sebut sedang menjadi incaran klub-klub raksasa Eropa, termasuk Real Madrid.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif