Teknologi
Selasa, 18 April 2017 - 22:10 WIB

TAHUKAH ANDA? : Terkuak, Inilah Alasan Kenapa Tali Sepatu Sering Terlepas

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tali sepatu (dream)

Tahukah Anda? Mengapa tali sepatu sering lepas?

Solopos.com, SOLO – Pernahkah Anda merasa jengkel karena tali sepatu sering lepas padahal Anda sudah mengikatnya dengan kencang? Ternyata ada alasan ilmiah kenapa tali sering lepas.

Advertisement

Ilmuwan dari University California, Berkeley, Amerika Serikat menyebut ikatan yang kurang kuat bukan alasan utama tali sepatu lepas. Ternyata lepasnya tali adalah adalah karena faktor hentakan kaki si pemakai.

“Ada dua faktor yang menyebabkan tali sepatu lepas yaitu hentakan kaki dan ujung tali sepatu yang menjuntai. Kaki yang menghentak akan jadi pemicuutama dan tali yang menjuntai akan semakin mengendorkannya,” ucap mereka sebagaimana dilansir Economist, Selasa (18/4/2017).

Peneliti melakukan pengamatan selama 100 jam dengan kamera berkecepatan tinggi dan menggunakan alat accelometer kepada seorang atlet yang berlari menggunakan treadmill. Mereka menemukan fakta gaya yang bekerja pada ujung tali sepatu atlet yang sedang berlari atau berjalan cepat lebih kuat ketimbang dengan roller coaster berkecepatan tinggi.

Advertisement

Lantas bagaimana agar tali sepatu tak mudah lepas? Para ahli menyarankan Anda untuk mengikat tali sepatu yang membuat ikatan dan ujung tali sepatu mengarah tegak lurus terhadap kaki.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif