Jogja
Selasa, 18 April 2017 - 12:55 WIB

PENDIDIKAN GUNUNGKIDUL : Ujian Paket C Juga Gunakan Sistem Komputer

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pendidikan Gunungkidul mengikuti perkembangan jaman

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer tidak hanya dilakukan di sekolah reguler. Sebab ujian model ini juga dilakukan untuk sekolah kejar Paket C.

Advertisement

Di Gunungkidul sedikitnya terdapat 399 peserta UNBK Paket C. Pelaksanaan ujian sudah dimulai pada 15-16 April lalu. Rencananya ujian akan dilanjutkan lagi pada 22-23 April mendatang.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul Bahron Rasyid membenarkan adanya UNBK untuk kejar Paket C yang diselenggarakan mulai tahun ini. UNBK kejar paket itu dilakukan untuk menindaklanjuti imbauan pemerintah pusat agar UN dapat dilaksanakan dengan berbasis komputer.

“Sebenarnya ada instruksi untuk memberikan fasilitas. Namun dikarenakan di masing-masing Pusat Kegiatan Belajar Mengajar [PKBM] di Gunungkidul telah memiliki fasilitas sendiri maka ujian dilakukan di kelompok itu sendiri-sendiri,” kata Bahron, Senin (17/4/2017).

Advertisement

Dia mengatakan, pelaksanaan ujian kejar paket menggunakan komputer merupakan hal yang baru karena di tahuan-tahun sebelumnya ujian masih berbasis kertas. Menurut dia, untuk pelaksanaan pada akhir pekan lalu [Sabtu dan Minggu, 15-16 April] ujian berjalan lancar tanpa ada halangan apapun.

Bahkan, sambungnya, di sela-sela kegiatan ujian ada tim pemantau dari Pemerintah Pusat. “Mudah-mudahan untuk pelaksnaaan di Minggu depan [Sabtu-Minggu, 22-23 April] tes juga berjalan lancar,” kata mantan Kepala Bidang Pendidikan Menengah itu.

Lebih jauh dikatakannya, pelaksanaan UNBK untuk kejar paket dilaksanakan pada saat hari libur, yakni setiap Sabtu dan Minggu. Hal itu dilakukan karena mayoritas peserta sudah banyak bekerja sehingga pelaksanaannya tidak menganggu aktivitas peserta ujian.

Advertisement

“Total ada 399 peserta. Untuk pelaksanaan dilakukan di 12 PKBM yang tersebar di Gunungkidul,” katanya lagi.

Hal senada diungkapkan oleh Pelaksana Tugas Kepala Disdikpora Gunungkidul Supartono. Dia pun berharap agar pelaksanaan ujian dapat berjalan lancar. Untuk itu, harus dilakukan dukungan agar dalam pelaksanaan tidak ada masalah.

“Semua harus dipersiapkan dengan matang sehingga semua dapat berjalan lancar, mulai dari kesiapan listrik hingga jaringan internet,” katanya.

Advertisement
Kata Kunci : Kejar Paket Ujian Paket
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif