Wisatawan memperhatikan anggota Brimob Polda Jawa Barat yang diperbantukan untuk pengamanan Pilkada Jakarta di Monas, Jakarta, Selasa (18/4/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Akbar Nugroho Gumay)
Selasa, 18 April 2017 20:30 WIB Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos Politik Share :

Ini Tugas Para Politikus PDIP Solo di Pilkada Jakarta

Sejumlah politikus PDIP Solo ditugaskan ke Ibu Kota menjelang Pilkada Jakarta.

Solopos.com, JAKARTA — Empat orang anggota FPDIP DPRD Solo ditugaskan DPP PDIP untuk turut membantu menyukseskan kemenangan pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) di Pilkada Jakarta. Mereka adalah Maryuwono, YF Sukasno, Paulus Haryoto, dan Putut Gunawan.

Keempat kader ini bahkan sudah intens di Ibu Kota sejak Maret lalu. Dari keempat nama tersebut, dua di antaranya menjabat sebagai Ketua Komisi, yakni YF Sukasno sebagai Ketua Komisi II dan Paulus Haryoto menjadi Ketua Komisi IV. Praktis, kepemimpinan di dua komisi tersebut tidak ada.

Meskipun demikian, ia mengaku tak masalah karena sudah ada pembagian tugas baik di fraksi maupun komisi. Menurutnya, mereka bertugas untuk memberikan pendampingan kepada para kader PDIP di Jakarta dalam pemenangan Pilkada putaran kedua ini.

“Kami kembali ditugasi untuk ikut menyukseskan Pilkada DKI Jakarta putaran kedua. Tugas kami khususnya untuk mengatasi persoalan kesejahteraan di masyarakat. Selain itu, kami bertugas memberi motivasi dan pendampingan struktur partai dan kader untuk bergerak dalam proses pemenangan,” kata Ketua FPDIP DPRD Solo, YF Sukasno, kepada Solopos.com, Senin (17/4/2017).

Di sisi lain, anggota FPDIP DPRD Kota Solo, Paulus Haryoto, menambahkan meski kerap di Jakarta jelang Pilkada, ia mengaku tugas kedewanan tak jadi soal. Menurutnya, posisi sebagai Ketua Komisi bisa dibagi tugas dengan yang lain. Di samping itu, ia tak melulu di Ibu Kota dan kerap pulang ke Solo untuk menyelesaikan kewajiban yang lain.

“Saya kira masih bisa diatur sehingga tidak keteteran antara tugas partai dan dewan. Selain itu, saya tak sepenuhnya di Jakarta karena juga pulang ke Solo,” terangnya. Baca juga: Jelang Pilkada Jakarta, Politikus PDIP Solo Siaga di Ibu Kota.

Paulus ditugaskan partai di Kelurahan Cipinang, Cempedak, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. Di samping itu, Ketua Bidang Kampanye DPC PDIP Kota Solo ini menjadi bagian dari Tim Pandu Juang Jawa Tengah yang mendukung pasangan Ahok-Djarot.

“Persaingan memang semakin ketat karena kedua paslon sama-sama berpeluang menang. Khusus di tempat saya beberapa kali Pemilu partai kami selalu kalah, tapi kali ini mengalami peningkatan jumlah suara yang signifikan,” imbuhnya.

Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…