Jogja
Senin, 17 April 2017 - 11:20 WIB

WISATA GUNUNGKIDUL : Libur Paskah, Pendapatan Retribusi Mencapai Rp270 Juta

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wisata Gunungkidul diserbu pengunjung pada libur Paskah

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Pada hari terakhir libur panjang akhir pekan, terdapat kenaikan kunjungan wisata dibanding dua hari sebelumnya. Hal itu terlihat dari kondisi di sejumlah obyek wisata di Gunungkidul.

Advertisement

Salah satu contohnya terlihat di kawasan pantai yang selama ini menjadi destinasi unggulan wisata di Gunungkidul. Di destinasi ini terdapat kenaikan jumlah pengunjung dibanding dua hari sebelumnya. Akibatnya kondisi arus lalulintas menuju pantai menjadi padat,  meskipun tak memimbulkan  kemacetan.

Koordinator Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pos Baron, Pardi mengungkapkan hari terkahir libur panjang perayaan Hari Raya Paskah terdapat lonjakan jumlah pengunjung.

Meski tak sampai membuat antrean panjang, namun pos utama masuk ke kawasan wisata di TPR Baron itu terlihat ramai. “Hari ini kondisinya lebih ramai. Hingga pukul 13.00 WIB [Minggu 16/4/2017] tiket terjual 2.400 lembar” katanya, Minggu kemarin.

Advertisement

Sebelum itu, pihaknya memprediksi Sabtu (15/4/2017) lalu merupakan puncak lonjakan wisata, namun tercatat di waktu yang sama pada Sabtu kemarin penjualan tiket wisata hanya sebanyak 2.300 lembar. Jumlah itu lebih sedikit 100 lembar tiket dibandingkan satu hari setelahnya, yang merupakan hari terakhir libur panjang akhir pekan.

Sekreataris Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul Hary Sukmono mengatakan, pada libur panjang akhir pekan ini kenaikan pengunjung masih dalam jumlah yang wajar.

Dia mencatat dari seluruh TPR pada Jumat (14/4/2017) kemarin, tercatat ada 13.000 pengunjung yang memadati obyek wisata di Gunungkidul. Sedangkan pada Sabtu (15/4/2017) ada sekitar 17.500 pengunjung.

Advertisement

“Kalau hari ini [kemarin] mungkin ya sekitar 15.000 an lebih. Saya belum tau pasti karena data hari ini belum masuk,” ungkapnya.

Dari total kunjungan wisata selama dua hari tersebut. Pihaknya memperoleh pendapatan dari retribusi sebanyak Rp270 juta. “Harapanya hari ini pengunjungnya lebih banyak. Karena target kami pada libur panjang akhir pekan ini pendapatan bisa mencapai Rp400 juta,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif