News
Senin, 17 April 2017 - 14:45 WIB

Ini Baru Gereget! Soal Perkalian Sederhana Dijawab dengan Cara Rumit

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Cara menghitung soal perkalian yang tak biasa. (Istimewa/Twitter)

Kisah Unik kali ini tentang foto cara mengerjakan soal perkalian yang tak biasa.

Solopos.com, SOLO – Foto yang menampilkan cara seseorang mengerjakan soal perkalian membuat netizen memberi komentar kocak. Pasalnya, dalam foto tersebut terlihat cara berhitung yang tak biasa. Perkalian yang harusnya bisa dijawab dengan singkat, malah dihitung dengan persamaan yang rumit.

Advertisement

Foto tersebut diunggah akun Twitter @yeahmahasiswa, Kamis (6/4/2017). “Pasti dedek ini kalau jalan sukanya muter-muter,” tulis akun @yeahmahasiswa. Dalam foto tersebut bocah bernama Rizky Dwi Pratama mendapat tugas perkalian. Soalnya 3×3, alih-alih langsung menjawab soal itu dengan angka sembilan, Rizky menghitung dengan persamaan yang tak biasa.

Ia mengubah angka tiga menjadi pecahan, soal yang sebelumnya perkalian bilangan bulat, menjadi perkalian bilangan pecahan. Dari perkalian bilangan pecahan itu hasilnya dikali dengan 100%, dari perhitungan itu didapatkan hasil perkalian 3×3, yakni sembilan.

Meski cara yang dipakai tidak biasa, hasil yang didapat Rizky sama dengan cara sederhana, yaitu sembilan. “Jadi hasil dari 3×3 = 9,” tulis Rizky, seperti terlihat dalam foto.

Advertisement

Cara menghitung soal perkalian yang tak biasa itu mengundang komentar kocak dari netizen. Ada netizen yang mengatakan cara tersebut ditulis karena takut gurunya menganggap Rizky tidak memakai cara dalam mengerjakan soal. “Kalau jawabnya langsung 9, dibilangnya nggak pakai cara,” tulis akun @ar_besaarr.

Ada juga netizen yang menyebut, apa yang ditulis Rizky menunjukkan kreativitas. “Kayak gini dibikin meme, padahal ini anak membuktikan bahwa kreatif bisa melalui matematika,” tulis akun @dinakartikadina.

Emang gitu min yang benar kalau di SMA, wkwkw,” tulis akun @ourgoodspirits.

Advertisement

Kalau diajakin ke mal, ceritanya gini, udah muter-muter sampai lantai kelima, yang dibeli ada di lantai pertama,” tulis akun @hadi_adhhaifah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif