News
Senin, 17 April 2017 - 00:00 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 17 April

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Christopher Columbus. (History.com)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 17 April, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Solopos.com, SOLO – Terjadi beragam peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 17 April. Demi mengenang peristiwa tersebut, Solopos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 17 April, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Advertisement

1349
Kekuasaan Dinasti Bavand di Iran yang sudah berlangsung sejak 651 runtuh. Runtuhnya Dinasti Bavand di Iran sekaligus membuat Dinasti Afrasiyab menguasai Iran hingga 1504.

1492

Advertisement

1492

Dokumentasi Invasi Teluk Babi. (Cienfuegoscity.org)

Kerajaan Spanyol menandatangani Kesepakatan Santa Fe dengan Christopher Columbus. Dalam perjanjian itu disebutkan bahwa pihak Kerajaan Spanyol bersedia membiayai perjalanan Colombus ke Asia demi mencari rempah-rempah.

Advertisement

1912
Pasukan Kekaisaran Rusia menembaki para pekerja tambang di sebelah timur laut Serbia. Sebanyak 150 pekerja tambang tewas karena serangan tersebut.

1941
Kerajaan Yugoslavia menyerah kepada Jerman. Kerajaan Yugoslavia lantas dikuasai Jerman hingga akhir Perang Dunia II pada 1945.

1945
Pasukan Brasil berhasil membebaskan Kota Montese di Italia dari cengekeraman Jerman. Sebelumnya, pasukan Brasil harus bertempur dengan tentara Jerman selama kurang lebih tiga hari.

Advertisement

1946
Suriah memperoleh kemerdekaannya dari Prancis. Prancis telah menarik semua tentaranya dari Suriah. Proses penarikan pasukan Prancis sudah dilaksanakan sejak beberapa hari sebelumnya.

1961
Sekitar 1.500 orang Kuba yang sebelumnya mengungsi ke Amerika Serikat (AS) mendarat di Teluk Babi, Kuba. Mereka telah dilatih oleh CIA dan diberi senjata oleh pihak AS untuk menggulingkan kekuasaan Fidel Castro di Kuba. Sayang, tujuan utama dari peristiwa yang disebut dengan Invasi Kuba itu gagal dicapai.

1986

Advertisement

John Mc Carthy. (Alchetron.com)

Seorang wartawan asal Inggris, John Mc Carthy, diculik kelompok militan dalam perjalanannya ke bandara di Beirut, Lebanon. John dibebaskan lima tahun kemudian dan membuatnya menjadi orang Inggris yang disandera di Lebanon dengan durasi paling lama.

2006
Seorang warga Pelstina menyerang sebuah restoran di Tel Aviv, Israel dengan melakukan bom bunuh diri. Serangan tersebut menewaskan sembilan orang.

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 16 April
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 15 April
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 14 April

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif