Jogja
Minggu, 16 April 2017 - 09:21 WIB

WISATA KULONPROGO : Angkat Potensi Lokal, Gerbosari Ikuti Program Desa Sejahtera Mandiri

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah produk hasil perkebunan lokal dipamerkan pada acara penyerahan bantuan susu pertumbuhan bagi anak usia 1-5 tahun di Balai Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo. Foto diambil pada 29 Maret 2017 lalu. (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja)

Wisata Kulonprogo di Gerbosari diangkat menjadi cara bagi desa menjadi sejahtera dan mandiri

Harianjogja.com, KULONPROGO — Desa Gerbosari menjadi satu dari delapan desa yang ditunjuk pemerintah pusat untuk mengikuti program Desa Sejahtera Mandiri (DSM) di Kulonprogo. Pemerintah desa setempat memilih mengangkat potensi wisata lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Advertisement

Kepala Desa Gerbosari, Damar mengatakan, wilayah yang terdiri dari 19 dusun itu memang terletak di pelosok perbukitan menoreh. Orang-orang mau tidak mau mesti berdamai dengan jalan yang berkelok dan banyak tanjakan untuk sampai ke sana.

“Walau begitu, Desa Gerbosari juga punya banyak potensi yang sangat masih bisa dikembangkan,” ujar Damar, akhir Maret lalu.

Salah satu obyek wisata andalan Kulonprogo yang berada di Gerbosari adalah Puncak Suroloyo, tepatnya di Dusun Keceme. Gerbosari juga memiliki area kebun bunga krisan yang keindahannya cukup populer di kalangan pengguna media sosial. Selain itu, ada pula potensi perkebunan kopi, teh, cengkeh, dan tanaman rempah-rempah.

Advertisement

Kondisi itu menginspirasi Damar dalam menentukan tema untuk program DSM. Dia menyatakan ingin mengembangkan wisata berbasis budaya dan pengembangan potensi ekonomi lokal. Dia berharap potensi yang sudah ada bisa dikelola secara lebih profesional melalui pendampingan intensif dari pemerintah.

“Kopi Suroloyo, teh Suroloyo, dan cengkeh selama ini belum bisa dikemas secara apik. Begitu juga potensi empon-empon. Harapan kami nilai jual produk meningkat sehingga sejalan dengan program DSM yang tujuannya membuat Gerbosari menjadi lebih sejahtera,” kata Damar.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat UGM, Novi Siti Kussuji Indrastuti mengatakan, Gerbosari merupakan satu dari 104 desa di seluruh Indonesia yang dipilih Kementerian Sosial RI menjadi DSM. Program itu melibatkan sejumlah perguruan tinggi sebagai fasilitator, termasuk UGM. Selain Gerbosari, masih ada tujuh desa lagi yang didampingi UGM di Kulonprogo. Diantaranya Desa Banjaraum di Kalibawang, Kaliagung dan Tuksono di Sentolo, Hargotirto dan Hargowilis di Kokap, Kulur di Temon, serta Desa Giripurwo di Girimulyo.

Advertisement

Novi menjelaskan, setiap desa diberikan keleluasaan untuk menentukan tema program. Kerja sama dengan berbagai pihak kemudian berusaha dijalin UGM untuk mempercepat pengembangan DSM sesuai potensi wilayah masing-masing. “Kami tentu mendukung jika Gerbosari ingin mengembangkan Desa Sejahtera Mandiri berbasis wisata dan ekonomi kreatif,” ucap Novi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif