News
Sabtu, 15 April 2017 - 09:00 WIB

Sapi Dibawa Naik Lift untuk Berkati Rumah Baru

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Seekor sapi hendak dibawa masuk lift di sebuah apartemen. (Istimewa/Facebook)

Kisah unik kali ini tentang tradisi agama Hindu.

Solopos.com, SINGAPURA – Warga Residen Yishun, Singapura, dikejutkan dengan pemandangan tak biasa di sebuah apartemen. Seekor sapi tampak dituntun seorang pria untuk memasuki lift. Meski tak biasa, tindakan itu pernah beberapa kali dilakukan karena berhubungan dengan kepercayaan agama.

Advertisement

Dilansir Stomp, Senin (10/4/2017), foto pria menarik seekor sapi memasuki lift itu viral di media sosial (medsos) Facebook. Dalam foto itu tampak sapi berada di blok 506B sebuah apartemen. Aktivitas itu berhubungan dengan tradisi dan kepercayaan agama Hindu.

Sapi itu akan dibawa masuk dan dibiarkan berjalan-jalan sejenak di rumah yang baru saja ditempati. Aktivitas itu bertujuan agar rumah tersebut diberi keberkahan.

Seekor sapi dimasukan ke rumah yang baru ditempati sebagai bentuk meminta berkah. (Istimewa/Facebook)

Advertisement

Untuk dapat melakukan hal tersebut, seseorang harus mendapat izin resmi dari Dinas Peternakan. Saat ada orang yang mengajukan permohonan untuk melakukan ritual pemberkatan itu, Dinas Peternakan akan melakukan survei ke tempat pemberkatan. Dinas tersebut memeriksa luas rumah atau gedung yang akan diberkati, bagi bangunan bertingkat, akan dipastikan kemampuan lift untuk dimasuki seekor sapi. Hal itu dilakukan untuk menentukan sapi yang cocok untuk diikutkan dalam proses pemberkatan.

Di foto yang viral itu netizen memberi beragam komentar. Ada seorang netizen yang menyatakan untuk melakukan pemberkatan itu diperlukan biaya yang tidak sedikit. “Saya tahu dengan tradisi ini, dan itu sangat mahal. Mereka harus izin Dinas Peternakan. Kurang lebih biayanya 1.000 hingga 2.000 dollar [Rp9,5 juta hingga Rp19 jutaan],” ungkap seorang netizen.

“Jika sapi yang dibawa kencing di dalam rumah, hal itu berarti tanda posisif dan dipercaya sebagai berkah,” tambahnya.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Kisah Unik
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif