Jogja
Kamis, 13 April 2017 - 05:22 WIB

PENDIDIKAN JOGJA : Kerja Sama Arab & Jogja untuk Kebersaman dan Kemanfaatan Warga

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Anggota Dewan Ulama Senior Kerajaan Arab Saudi Sulaiman Bin Abdullah Aba Al-Khair (kanan) sedang mengisi buku tamu sebelum bertemu HB X didampingi Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Osama Bin Mohammed Abdullah Al-Shuaibi (tengah), di Kompleks Kepatihan, Rabu (12/4/2017). (Sunartono/JIBI/Harian Jogja)

Pendidikan Jogja bakal diperkaya dengan kehadiran ulama asal Arab

Harianjogja.com, JOGJA — Anggota Dewan Ulama Senior Kerajaan Arab Saudi Sulaiman Bin Abdullah Aba Al-Khair mengunjungi Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kompleks Kepatihan, Rabu (12/4/2017) siang. Pertemuan itu membahas kerjasama pendidikan, termasuk rencana Arab Saudi mendirikan lembaga pendidikan bertaraf internasional di Jogja.

Advertisement

Baca Juga : PENDIDIKAN JOGJA : Rencana Dirikan Lembaga Pendidikan Internasional, Ulama Arab Saudi Sowan Sultan

Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyatakan, baginya ada dua hal penting yang perlu ia sampaikan bersamaan dengan pertemuan itu. Pertama, lanjutnya, terkait dengan peradaban umat manusia. DIY memiliki warga yang mayoritas muslim, bagaimana langkah yang perlu diambil agar makin bisa kualitatif dalam membangun peradabannya.

“Bagaimana masyarakat dari generasi ke generasi karena juga beragama sebagai seorang muslim itu mayoritas di Jogja. Ini makin bisa kualitatif dalam membangun peradabanya,” ucap Sultan.

Advertisement

Selain itu, kedua, lanjut Sultan, hubungan antara Jogja dengan Arab Saudi sejatinya telah berjalan sejak HB II. Menurutnya, sejak pemerintahan HB II hingga pemerintahan HB VIII selalu mengirimkan delegasi haji ke tanah suci setiap tahunnya.

“Setiap tahun pasti mengirim delegasi untuk naik haji sehingga mungkin bahwa sering di Mekah itu disebut ada wakaf Mataram,” ujarnya.

HB X berharap, dengan kerjasama yang relatif kecil saat ini terjalin antara DIY dan Arab Saudi, diharapkan ke depan bisa menjadi kekuatan besar dalam upaya membangun kebersamaan dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif