Jogja
Kamis, 13 April 2017 - 11:22 WIB

GELOMBANG TINGGI PANTAI SELATAN : Nelayan Masih Belum Berani Melaut

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah nelayan sedang berusaha menyelamatkan kapal agar tidak terseret arus di Pantai Baron, Desa Kemadang, Tanjungsari. Akibat adanya gelombang tinggi berdampak terhadap kerusakan kapal dan tempat berjualan milik pedagang. Selasa (24/5/2016). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Gelombang tinggi Pantai Selatan masih terjadi di Gunungkidul.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Cuaca ekstrem yang terjadi selama beberapa pekan terkahir mengakibatkan gelombang tinggi di wilayah perairan Kabupaten Gunungkidul. Akibatnya sejumlah nelayan masih belum berani melaut.

Advertisement

Ketua Nelayan Pantai Baron, Kecamatan Tanjungsari, Sumardi mengatakan sudah sejak pertengahan Maret lalu cuaca ekstrim mengakibatkan gelombang tinggi di kawasan Pantai Selatan Gunungkidul.

“Kebanyakan nelayan tak berani melaut karena ombak tinggi,” kata dia, Rabu (12/4/2017).

Menurutnya sebagian besar nelayan tidak mau mengambil risiko seiring datangnya gelombang tinggi. Sehingga dari total 89 unit kapal yang ada di Pantai Baron, hanya sekitar 20% saja yang dioperasikan mengarungi ombak tinggi.

Advertisement

Sumardi mengatakan akibat peristiwa alam ini, sejumlah nelayan memilih berganti profesi, ada yang menjadi buruh tani, buruh bangunan dan juga menjadi buruh serabutan.

“Sisanya memilih ganti profesi menjadi petani dan bekerja serabutan,” kata Sumardi, Rbu (12/4/2017)

Sementara itu, Koordinator Satlinmas Korwil II Gunungkidul, Marjono mengatakan, beberapa bulan terakhir ombak tinggi bukan hanya membuat nelayan tidak berani melaut. Ombak juga merusak bangunan milik pedagang.

Advertisement

Lebih jauh dikatakan, sebanyak belasan personel SAR telah disiagakan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Dia mengimbau kepada wisatawan agar berhati-hati, dan juga nelayan untuk tidak melaut terlebih dahulu di saat gelombang tinggi yang terjadi seperti sekarang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif